Hasil Survei Nasional Seleksi Perguruan Tinggi Timur Tengah

Berikut ini adalah hasil survei (25 Juni 2019) yang diadakan oleh Ruwaq untuk menilai proses Seleksi Perguruan Tinggi Timur Tengah yang diadakan oleh Kementrian Agama.

 

 

 

 

 

 

 

 

Tanggapan terhadap Seleksi

Tanggapan, apresiasi, saran dan komplain yang ingin disampaikan kepada penyelenggara ujian
Menag kalau bisa jangan memberikan sesuatu yg membuat peserta menjadi bingung , mulai dari persyaratannya , sistem pelaksanaanya , dan soal yg akan di ujikan , termasuk juga tgl ujian yg berubah” membuat kami menjadi sedikit kesal , tpi kami cukup apresiasi kerja keras kemenag dalam memberikan kesempatan bagi para peserta untuk berkuliah di luar negri.
Agar lebih memperjelas lagi tentang informasi mengenai ujian baik waktu, tutorial, dan penyelenggaraan.
Terlihat kurang profesional,
Soalnya tolong dirapikan lagi biar lebih enak dan nyaman ngerjaknnya
Jaringan nya lumayan bagus
Alhamdulillah tes berjalan dengan lamcar, semoga semua diberikan yang terbaik oleh Allah..
Banyak sekali orang yang tidak bisa ujian karena gak punya leptop
Terjadi trouble jaringan saat tes,, dan tidak diperbolehkan untuk mengakses dg data pribadi
Bagus
Untuk soalsoalnya, mudah bagi yg selalu belajar dan berdoa kpd Allah, susah bagi yg tidak mau belajar ataupun berdoa kpd Allah, usaha tanpa doa adlh sombong, doa tanpa usaha omongkosong, cukup memuaskan
Sangat baik
Untuk masalah sistem,internet,pandaftaran ulang,pengumuman,materi harus lebih diperbaiki lagi agar tidak terjadi keterlambatan dan masalah dalam pelaksanaan ujian
Awalnya sempet gugup,,, cuma kita harus yakin,,, dan banyak temen” saya yang bermasalah dalam tes sehingga harus ikut sesi tambaha,,,
Intinya kita harus yakin dan niatkan semuanya karena Allah
Kalo bisa tes wawancaranya di daerah masing2 nggak di jakarta
Jauh soalnya
ada beberapa kesalahan terkait info pas foto dan ktp yg harus di scan. nyatanya pada saat ujian toafl file ktp dan pas foto tidak dibutuhkan. itu hanya kesalahan kecil saja, masih bisa ditolelir. yg kedua, agar penyelenggara menyediakan ruangan khusus untuk peserta yg bercadar. karena dari awal tidak ada info mengenai keharusan untukencopot cadar, karena selama ujian sepertinya kamera tidak menyala.
Alhamdulillah ujian terlaksana dg lancar dan tertib. Dan untuk mengerjakan soal sangat mudah dan simple
Saranny klu bisa jgn ngasih infonya mendadak
Terima kasih untuk penyediaan komputer di lokasi ujian.. yang tidak memberatkan peserta membawa laptop, dan harapan kami bila lulus di tahap satu, seleksi tahap ke 2 diadakan di uin masing2… karena memberatkan peserta untuk ke Kemenag pusat…
Pemberian pengumuman tata cara ujian dllnya lebih pesifik lagi agar tidak membingungkan🙏🙏
Lumayan bagus, ga sebanyak materi seperti tahun lalu, akan tetapi masih perlu banyak dibenahi untuk kedepannya
Saran saya mending tes untuk tahun depan menggunakan sistem manual saja atau tertulis,dan soal yg buat pihak uin saja,gak usah pake jasa orang luar, seperti sekarang ini yg mana soal yg buat dr jerman. Dan banyak terjadi kesalahan paket soal.ada yang cmn dapat 2 soal ada yg dapat 10 soal dan gak adil.
Dan kelemahan tes menggunakan sistem online ini mudah sekali terjadi kecurangan, misal dgn membuka tab baru pada browser untuk mencari jawaban tes.kan gk jujur.
Waktunya itu lho…. Di jadwal yg sesi 4 itu jam 13.30 eh, prakteknya 13.30 sesi 3 baru masuk. Selain itu oke sh, pelayanan bagi yang trouble juga memuaskan.
Pengarahan panitia di luar ruang ujian sangat minim, hingga para peserta kekurangan info yg update, . Terimakasih
Saya ingin bertanya tentang istima judul في مكتب السفر، Disitu perintahnya لا تنسجم بالحوار, tetapi yg jawaban nya bukan yg laa tansajim melainkan sesuai yg di istima tersebut.. Saya mau minta tanggapan dri penyelenggara, karena ini test sistem yg periksa.. Sekian🙏
Good
Saya kemaren tes, loading nya lama bgt, hampir 20 menit. Setelah masuk audio g bisa di setel, disuruh refresh sama pengawas malah keluar. Akhirnya suruh loginl lagi. Sama aj audio ga jalan², loading lama. Terus aj kya gitu. Sama pengawas nya di suruh refresh lagi. Y udh. Terulang lagi. Akhirnya tes nya sisa satu menit tapi saya sudah ngerjain bbrp yg bukn listening. Tapi tetap saja bnyk yang ga keisi. Saya menyarankan untuk kedepan pihak tes benar² mematenkan server.
Alhamdulillah saya bisa mengerjakan soalnya dengan lancar meskipun ada sedikit kendala,tapi saya merasa puas setelah mengerjakan soal
Alhamdulillah panitianya sangat membantu
Tolong klu ada info apa2 jangan mendadak…
Saya kira untuk yang perdana sudah cukup luarbiasa,hanya saja di khawatirkan yang alumni pesantren banyak yang masih kaku terhadap dunia teknologi
Perketat pengawas ujian dalam nengawasi ujian selama ujian berlangsung, dikhawatirkan adanya kecurangan
Alhamdulillah semuanya berjalan lancar
1.Listeningabisa diputer suaranya
2. Server lemot
3. Jawaban ada yg gabisa di klik
4. Pokonya kacau, saya minta tes ulang ! Bayaran sudah naik 50k dari tahun kemarin, pelayanan malah rendah !
Saran agar koneksi internetnya diperbaiki lagi:)
Tdk Ada komplain untuk Tim penyelenggara, mereka sangat profesional, tapi kami agak keberatan dengan sistem tahun ini, sebab harus tes lagi Ke Jakarta, menyiapkan lapto, dsb.
Harapan kami Yang terpilih nanti bukan hanya org Yang berduit aja, sebab kami yg minim pendapatan juga berjuang keras mengorbankan segalanya agar bisa kuliah di mesir
Tolong bagaimana caranya,agar peserta tidak bisa mencotek,karena dengan metode online kesempatan mencontek lebih memungkinkan..
trus kemaren ada yg mendapatkan 2 soal dan ada yg 3 sial,sekitar kurang lebih 5 menit dia sudah keluar,sedngkan saya 15 soalan,,
Truss…kalo ngasi soal beda2 tinggat kesulitannya atau kemudahannya harus sama…biar nggak ada yg merasa dirugikan…terima kasih
Mantap
Menurut…saya ujian dengan memakai toafl kurang baik di karenakan banyak masalah..seperti yg di alami saya sendiri baru bisa log in..sekitaran 30 menit..dan juga banyak yg terkendala dengan jaringan internetnya
Tidak ada.
Senang sekali bisa ikut ujian dengan lancar alhamdulillah, kemenag tampil dengan tipe soal baru, cukup membuat otak gregetan
Administrasinya lebih ditingkatkan
Sangat puas dengan tes kali ini,tapi satu yang kurang yaitu ada nya pengunduran waktu pada sesi ke -3..tapi masalah tersebut tidak terlalu bermasalah… jazakallah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
Lebih mudah.. akan tetapi ada beberapa soal istima yang tidak dapat di dengar
Mohon jika ada info jangan mendadak pemberitahuan nya
Alhamdulillah semua panitia penyelenggara menjalankan sesuai dengan yg di informasikan, jadi enak dan nyaman ketika ujian
Harus lebih di persiapkan lagi, banyak yg bermasalah, jadi untuk tahun depan semoga lebih baik lagi
Karena untuk ujian tahun ini atau kedepannya berbasis komputer maka mohon fasilitas internet harus sangat memadai, jangan sampai masalah-masalah seperti gangguan sinyal atau sistem error, terulang kembali di tahun – tahun yang akan datang
Soal tahun ini benar-benar berguna untuk kesiapan kuliah di Timur Tengah, terima kasih untuk Kemenag
Alhamdulillah saya sudah selesai ujian dgn lancar,tapi temen temen saya terjadi masalah,kami ngak mau juga temen kami gagal karna ini,kami mau banget temen temen kami ngak ada yg tertinggal,bahkan temen saya sudah lengkap perangkatnya tapi nyatanya ngka kepakai,kan mubazir,wifi disitu juga lelet jadi kacau ujiannya,terutama audionya
Sangat baik cmn klw bsa cok sambung nya di sediakan lebih supaya peserta yg kurang daya batrai bisa mengikuti seleksi dengan tenang
Alhamdulillah lancar, semoga terus bangkit menyejahterakan agama dan bangsa
Mohon kuota peserta lulus nya di perbanyak
Kalau ada di siapkan laptop, terkadang banyak laptop peserta yang tidak bisa
Alhamdulillah tes ini ckup mudah dan ckup memuaskan
Saya senang dengan adanya seleksi seperti ini . Emang awalnya sedikit kaget untuk peraturan seleksi timur tengah yang di adakan oleh kemenag . Namun , dari adanya peraturan seperti ini membuat saya lebih berjuang .mempelajari banyak tentang internet . Kebanyakan anak pondok keluar tidak tau tentang internet dan dengan adanya seleksi seperti ini menjadikan seleksi lebih maju . Dan lebih menjaga apa arti kejujuran.
Alhamdulillah ujian diadakan dengan lancar
Alhamdulillah untuk penyediaan fasilitas sudah mantap, hanya mungkin Untuk pendaftaran ulangnya bisa di buat dua bag untuk yang laki dan perempuan
Waktu ujian tidak sesuai dengan jadwal
MasyaAllah, ternyata bimbel di Ruwaq sangat membantu dan memudahkan kita dalam mengerjakan soal ujian kemenag walau ini jenis soal baru, tetapi bnyak skali materi bimbingan yang kluar dalam ujian tersebut😊
ujian kali ini sangat berbeda dari pada tahun tahun kemaren. karna sekarang menggunakan komputer.
سبحان الله و شكرا كثبر
Tidak ada, pelaksanaan ujian sangat baik
Alhamdulillah sudah sangat baik hanya saja di panlok tempat saya mengerjakan tes wifinya sempat ada trouble tapi panitia cepat memperbaikinya
Harus jelas dalam memberikan informasi terkait apa saja yg di perlukan ketika pelaksanaan tes dan memberikan kabar selengkapnya apa saja langkah2 selanjutnya bagi peserta tes seleksi.
Semoga lebih baik
Sudah cukup kondusif
Alhamdulillah. Terima kasih ustadz dan ustadzah doakan saya semoga bisa menjadi yang terbaik dari yang terbaik aamiin allaahumma aamiin
bagus,,tp trus tetap tingkat kn
Masyallah walau pun pengisian data nya agak rumit namun berjalan dengan baik
Alhamdulillah berjalan lancar walaupun ada sedikit kendala
Untuk kedepannya usahakan fasilitasnya dilengkapi seperti Headset dsb
bagus
Sebaiknya panitia mengarahkan secara langsung dan dengan contoh yang nyata.jadi panitia juga mengarahkan dengan laptop sendiri
Seharusnya soal yang diberikan harus soal yang baru, bukan yang MSA, soalnya nanti serasa ada ketidakadilan bagi teman2 yang belum tau MSA
Kurang jelas menanggapi apabila ada kendala,membuat para peserta ujian kebingungan
mohon kejelasan bentuk soalnya dari awal harinya baik dari segi kisi2, ada insya atau tidak dan juga diperjelas kerja samanya dgn oiaa dllnya dipaya tidak ada salah materi saat diadakan bimbel2 untuk persiapan seleksi timteng
Tolong adakan tes nya di lampung juga. Ongkos mahal ke jakarta.
Sangat memuaskan ujian kali ini, hanya saja informasi yang di berikan selalu mendadak
Tanggapan dan apresiasinya mumtaz untuk kisi-kisi ujian lebih akurat dari tahun kemaren…sarannya agar di tambahkan kuotanya seperti di tahun kemaren yang jumlahnya kurang lebih 2000….komplainnya terlalu sedikit kuotanya yang hanya 750,terjadi penurunan yang drastis
Yeah soalnya cukup memuaskan
Istima’.. dan sistem nya itu perugikan peserta
Mohon tingkatkan pelayanannya
Istima’nya tidak keluar
ana berharap sama apa yg telah ana usahakan selama ini tak sia sia,, terutama Ridho Allah SWT. 😇
Banyak soal istima’ yg tidak bisa di putar.
Sebaiknya di beri arahan yang baik
Memuaskan..hanyasaja terlalu ribet dalam pengurusannya
mudah mudahan waktu nya bisa pas
banyak lah masalah
Server kurang bekerja sama apabila pasword wifi di ganti, jadi waktu ujian berlangsung wifi bermasalah
Karna banyak nya masalah
Yg tak bisa login
Alhamdulillah ujian tahun ini berjalan dengan lancar
Alhamdulillah memuaskan
Tidak menyediakan stop kontak
Alhamdulillah
Jazakumullah
Kami selaku peserta ujian seleksi sangat berterima kasih kpd segenap jajaran pimpinan dan staf pengajar di UIN SUNAN KALIJAGA atas fasilitas dan layanannya….
Sistem pelaksanaan ujian masih harus lebih dipublikasikan dengan jelas, rinci, dan konsisten
Alhamdulillah, ujian berjalan lancar. Panitia nya pun sangat bagus guide nyaa. Cuma kurang sesuai saja waktu ujian yg d tempel d pngumuman dengan lampiran yang beredar. Tapi InshaaAllah sdh diusahakan semaksimal mungkin. Asykurukum jamii’an.
Sangat efektif ujian seperti ini jika perangkat ujiannya atau prosedurnya lancar 🙂
Alhamdulillah….. Ketegangan udah usai doakan kami semua
kedepannya dikembalikan saja ke ujian seperti tahun lalu
Di persiapkan kembali peralatan dalam pelaksanaan teknis, karena kemaren banyak gangguan teknis.syukran
Walau pun ujian terasa mudah. Tapi camaba di uin jakarta tidak ada ujian susulan bagi mereka yg mengalami kendala di soal, soal Istima ada yg eror tapi kami tdk dapat melakukan ujian ulang, seperti di uin-uin yg lain.
Mantap
Mantap
tanggapan: Alhamdulillah pelayanan ketika ujian nya sangat nyaman dan berjalan baik.
apresiasi: jadi lebih haus lagi karena adanya beasiswa ini.
saran: 1. bisa tidak untuk tahun besok tes nya seperti tahun kemarin jadi satu tahap, tes tulis dan tes lisan, soalnya kasian yg rumah nya jauh.
2. kalau bisa tes nya laki-laki dan perempuan pisah .
Banyak pengumuman mengenai rincian teknis ujian terlambat diberitahukan. Akhirnya ada beberapa peserta yang terhambat ketika melaksanakan ujian karena kurang informasi dalam penerapan sistem baru.
tidak ada,, cuma ada beberapa berita yang mendadak aja yang buat jadi kurang banget persiapannya
Mungkin, kedepannya untuk wawancara agar dilaksakan di provinsi masing-masing tanpa harus ke Jakarta, karena kasihan sebagian saudara kita yang berasal dari daerah yang jauh harus mengeluarkan ongkos lebih karena selain mereka harus pergi ke ibukota provinsi untuk seleksi pertama, mereka harus mengeluarkan biaya lagi untuk ke Jakarta.
Banyak yg eror. Kurangnya simulasi dan lain2,
lebih jelas lagi dalam memberikan pengumuman dan lebih fast respon untuk segala keluhan
Terimakasih atas penyelenggaraan ujian oleh Kemenag tahun ini yang sangat baik dalam menyajikan soal yang begitu dipahami oleh peserta ujian, walaupun ada salah satu soal yang kurang jelas untuk menjawabnya, pokoknya luar biasa dah 👍
Lain kali jika ada perubahan sistem disosialisasikan dulu ke publik, minimal 1 tahun sebelum pelaksanaan, agar tidak membuat usaha calon peserta sia2 dalam mempersiapkan tes kemenag..
Masih banyak hal2 yg mendadak
Saya harap kedepannya bisa melancarkan rencana dan jadwal serta server nya di perbaiki…
Pendaftaran ulangnya lebih baik h-1 ujian timteng
materi yang diujikan terlalu fokus kpd materi tertentu, cth materi adad madud terlalu banyak disitu, kurang kompleks
Baarokumullah wa jazakumullah khoir
Terima kasih ustadz dan ustadzah doakan saya agar bisa menjadi yang terbaik dari yang terbain
اللهم صل وسلم وبارك علي سيدنامحمدوعلي اله كمالانهايةكمالك وعدكماله امين اللهم امين صلواعلي محمدصلواعليه
Alhamdulillah metode seperti ini agak sedikit memudahkan peserta ujian. Semoga diteruskan hingga tahun depan
alhamdulillah ujian berjalan lnacar dan aman.. kk pengawas nya juga mengarahkan dgn baik
Ujian berjalan lancar
Sangad joss saia suka
Masalah pada internet dan kurangnya fasilitas tes. Jadi agak memberatkan peserta
Menurut saya sejauh ini sudah bagus penyelenggaraan tes Timur Tengah dengan sistem online ini menuntut para calon mahasiswa agar belajar lebih karena ini tahun pertama menggunakan sistem seperti ini dan belum ada pengalaman atau gambaran apapun jadi belajar lebih giat merupakan pilihan terbaik bagi para calon mahasiswa.
Semoga ujian selanjutnya bisa lebih terkondisikan
Kalau bisa panitia menyediakan komputer bagi seluruh peserta test. Agar seluruh para peserta dapat melaksanakam test dengan mudah
Semoga panitia jujur dalam mengkoreksi hasil ujian
Semangat
Prosedurnya sangat baik
Alhamdulillah ujian berlangsung dengan baik dan lancar,soal pun tidak terlalu sulit dan rumit.. semuanya berjalan dengan sangat baik☺️
Pelayanan yang baik
Petugas panitia penyelenggara kurang ramah
Alhamdulillah., prnyelenggaraan ujian tahun ini, berjalan lancar,
Meski ada beberapa kendala, dengan upaya yang terbaik antum bisa menyelesaikan semuanya dengan lacar., aamiin
Terus berjuang mencetak generasi islam yang berkualitas untuk negri indonesia yang berintegritas dan bermartabat
Alhamdulillah Bagus tapi cukup rumit
Panitia penyelenggara harus jujur akan koreksian hasil ujian
Meskipun tahun ini adalah perdana memakai komputer dan sisyim online, tpi InsyaaAllah dan alhamdulillah memuaskan. Jazakumullah khoiran katsiron para penyelenggara
Bagus
Lebih baik ujiannya menggunakan cara yg lama
–Saya rasa ada satu bagian yang ada jawabannya namun tidak ada soalnya.
–Besar kecilnya masih ada kendala sehingga antara satu dengan yang lainnya tidak bersamaan dalam memulai mengerjakan.
–Bismillah, Alhamdulillah…
MasyaAllah 🙂
Pas saya sedang melaksanakan ujian, ketika soal istim’a Audionya macet-macet dan parah nya lagi ada yang tidak jalan,,,
Alhamdulillah
Di kembalikan secara manual, di karenakan begitu banyak trouble sinyal
semoga Allah menjadikan segala ikhtiar smua pihak sebagai amal sholeh bagi kia smua, dan membalas nya dgn surga nya insya Allah
Ketika saya ujian pas di soal listening/istima’ audio macet-macet dan yang paling parah suara tidak keluar, terus saya melaporkan kepihak pengawas,lalu disuruh menjawab soal2 yang lain terlebih dahulu,tetapi sampai waktu habis audio ujian/soal suaranya tidak kunjung keluar sampai waktu saya habis hanya menunggu suara audio ujian pada soal tersebut dan menyebabkan saya tidak bisa menjawab soal dikarenakan hal tersebut.dan ketika saya melaporkan hal ini kepihak pengawas, beliau hanya menyuruh saya untuk mencatat nama dan email saya saja.belum ada tindak lanjut dari pihak penyelenggara tentang saya yang belum menjawab sebagian soal-soal istima’/listening karena bermasalah seperti tadi.
koneksi jaringan lebih di tingkatkan lagi supaya tidak terhambat saat mengerjakan tes
Terima Kasih Buat Penyelenggara Tes. Timur Tengah
Semua soal hanya menguji kemampuan berbahasa arab, Menurut saya seharusnya dapat menguji kemampuan peserta dengan aspek yang menyeluruh.
Alhamdulillah soal” nya dapat dijangkau, dan saya agak kurang di عدد و معدود
Penitia nya sangat profesional
Error nya server harus lebih diperhatikan,
Masyaa Allah soal nya saya kira lebih sulit dari tahun2 sebelumnya
terima kasih
Luar biasa
Untuk pengisian data sebelum ujian tolong di kondisikan supaya menghemat waktu untuk pelaksanaan ujian
Cukup baik penyelenggaraannya
Alhamdulillahi bini’mati tatimmushsholihatt 😊😊
Untuk soal istima’nya masih bermasalah dalam pemutaran audio sehingga banyak diantara peserta termasuk saya tidak dapat menjawab soal istima’ dengan sempurna.
kedepan lebih bagus lagi, dan tambah kuota untuk ke timur tengah
ujian sekarang beda sama sebelumnya..jadi agak bingung…soalnya saya belajar soal2 tahun sebelumnya dan g ada yg mirip….tpi alhamdulillah bisa semoga lulus aminnnn…syukron
Dengan ada nya ujian ini membuat ana lebih semangat dan lebih bertekat untuk belajar bersungguh2 dan membuat ana mempelajari suatu ilmu yg belum terkuasai
Assalamu’alayku ayyuhal atsaatidz..
Ujian ana tidak sempurna jawabannya dikarnakan tidak sempurna soal. Ada satu file audio yang tidak bisa diload, meski berulang.
Mohon penjelasan akhir dr kejadian ini masyaiykh.. Syukron
Trm kasih atas kerja keras semua pihak sehingga acara ini dapat berjalan lancar meskipun ada beberapa kendala seperti beberapa peserta yg kodenya eror sehingga harus menunggu hingga sesi terakhir, t4 yg krg nyaman sampai ada beberapa yg dlm penampilan soal bermasalah, semoga di thn selanjutnya bisa lbh baik dan nyaman
sangat baik
jika ingin melaksanakan test melalui online, sebaiknya lebih dipersiapkan lgi dngn matang terutama dalam hal jaringan wi-fi
Terima kasih atas pelayanan yg diberikan kepada peserta tes timur tengah dan doakan semoga diberikan kelulusan
Audio tidak bisa diputar.. baru bisa ketika waktu tinggal sedikit.. akibatnya banyak soal yg belum dijawab dari soal jenis listening
Koneksi internet yang lebih baik lagi
Bismillah.. pelaksanaan ujian sudah cukup baik, namun masih banyak kendala berupa koneksi, dan kemunduran jadwal.
e tes ini luar biasa
Mohon aplikasi sma nya di perbaharui karna ada soal yang minta tidak namun di kunci jawaban ternyata minta nya yg sesuai. Itu ada di e ts ke 6 bagian istima
baik
Semoga sukses
Semoga lebih baik dri sebelumnya
Tolong sediakan earphone tahun depan
baguss….alhamdulillah berjalan dengan lancar, semoga hasil nya juga membawa kebahagiaan bagi kita semua..aminn
Alhamdulillah, saya senang dan puas dengan ujiannya semoga, Allah berikan yang terbaik, dan bisa lulus ke Universitas al azhar Kairo aminnn…
Tanggapan saya adalah Cukup, namun disini ada 2 alasan :
Ada Kelebihan dan Ada Kekurangan yg di rasakan sbagian Calon Mahasiswa1. Kelebihan :
– Efisien
– Sesuai dg era kemajuan teknologi (generasi milineal)
– Informasi mudah di share secara sepat
– Bisa meminimalisir kecurangan (soal berbeda2 & soal tidak mudah bocor /tersebar sblum tes berlangsung )
– Dalam ujian Istimaq bisa di ulangi (sesuai dg keinginan masing2 calon mahasiswa )
– Tidak bisa saling menyontek
-Tepat waktu2. Kekurangan :
– Spek Laptop yg tidak sesuai dg standar, mudah terkena gangguan(wabcam,kecerahan monitor,atau perangkat keras)
– Gangguan koneksi Erorr pada jaringan internet
– Susah login/ Verivikasi Erorr
– Tidak smua calon mahasiswa bisa memakai laptop
– Stop kontak untuk charger laptop kurang memadai
– Kurangnya bimbingan try out terhadap peserta yg sblumnya blum pernah menggunakan teknologi
– Breafing sblum tes tidak di dapatkan secara maximal oleh semua calon mahasiswa
– Untuk ujian Istimaq, harusnya rekaman audio di perankan dg bahasa dialek Arab Fushah (Saudi)
Agar mudah di dengar dg baik
-Kurangnya perhatian Pengawas dalam menanggapi keluhan Error/Gangguan yg di alami masing2 peserta
– Pengawas belum mmberikan pembekalan sebelum tes d mulai
– Kurangnya persiapan Pengawas saat terjadi pengaduan secara mendadak.Semoga bermanfaat Barakallahufikum

Terimakasih.

Alhamdulillah saya rasa ujian tahun ini memuaskan
Agar lebih sesuai jadwal
wifinya troubel terus agak sulit soalnya pakek online gak kayak kemaren kemaren
Alhamdulillah
Saya sarankan kepada penyelenggara ujian agar lebih memantau peserta ujian saat akan memulai ujian. Karena ada beberapa peserta yang kurang mengerti soal komputer.
Terima kasih
🙂
Tolong adakan gladiresik resmi dari kemenag! .sempurnakan sistemnya! Karena banyak sekali terjadi kesalahan teknis.
الحمد لله على كل حال
Semoga semuanya bisa mendapatkan yg terbaik, amin
Soalnya lebih mudah dari yang tulis tapi waktu hanya sejam lebih waktunya kemakan buat masalah laptop ada yg eror ada yang gini gitu ,, jadi kasihan
Alhamdulillah baik sekali
Ujian yg diadakan kenmenag sudah memuaskan, tapi alangkah lebih bagusnya jika soal tersebut dipadukan dengan soal kitabah dan insya’, karna hal tersebut merupakan salah satu cara yg baik agar calon mahasiswa/i terpacu untuk belajar mengetik dengan bahasa arab yang lancar yg kelak sangat berguna ketika mereka kuliah di timur tengah. Terimakasih…
Ok
Tahun ini merupakan tahun pertama kali nya Tes Ke Timur Tengah mengunakan fasilitas komputer. Sya berharap tahun ini menjadi tahun keberuntungan berangkat ke negara Tujuan. Otimis bahwa lulusan SMA umum dapat menjadi apresiasi keberangkatan ke TimTENG
Kepada penyelenggara saya sangat mengapresiasi kinerjanya. Harapan saya semoga kedepannya lebih baik lagi..🙏🙏🙏
Tahun ini kemenag melakukan variasi tes terbaru dengan ujian berbasis komputer. MasyaAllah hal ini luar biasa, disamping memanfaatkan teknologi yang ada para pendaftarpun merasa cepat, ringan dan efisien. Tapi satu hal yang saya kurang enak yaitu agaknya merepotkan dengan banyak sekali persyaratan termasuk membawa paket data walau untuk berjaga2 dan membawa laptop. Agar tak memberatkan para pendaftar, sebaiknya kemenag juga menyediakan peralatannya.
Kemudian untuk tes tahap kedua, tak bisakah diadakan di tempat para pendaftar tes di tahap pertama. Agaknya memberatkan para pendaftar terbang jauh2 untuk melakukan tes tahap kedua ini. Selain lokasi yang jauh bagi beberapa daerah, juga memakan biaya yang tak murah.
Alhamdulillah tes tahap 1 ini sangat baik, lancar, canggih tidak perlu menulis lagi. Dan saran saya untuk tes tahap kedua jangan di jakarta saja karena hal itu akan sangat menyulitkan peserta 🙂
الحمد لله على كل حال
Jaringan Internetnya bisa lebih di kuatkan lagi
Cukup
Semoga tahun depan lebih baik lagi dan sukses selalu buat penyelenggara ujian,saran saya kalo bisa tahun depan ujian nya langsung sekaligus aja di tempat ujian yang di selenggarakan,agar memudahkan peserta yang mau belajar di negeri kinanah,maroko,dan sudan…syukron jazakumullahu khairan katsiiraa..🙏🙏
Alhamdulillah ana tadi ujian dengan baik dan internet nya juga alhamdulillah baik. Dan semoga saja hasilnya nanti juga baik Insyaallah
Semoga untuk kedepannya bisa dipersiapkan lebih baik lagi dan lebih matang lagi, agar tidak terjadi banyak trouble saat ujian berlangsung seperti yang sudah2
Kurangnya informasi ktika ujian kmaren
Lebih mudah.. akan tetapi ada beberapa soal istima yang tidak dapat di dengar
semoga tahun depan dapat lebih baik lagi dan sukses selalu buat penyelenggara ujian,saran saya kalo bisa tahun depan ujian nya di gabung aja sekaligus di tempat ujian yang di pilih peserta,agar dapat memudahkan peserta yang ingin menuntut ilmu di negeri kinanah,maroko,dan sudan.
Syukron jazakumullahu khairan katsiira..🙏
Sistemnya banyak yg error
Sebaiknya sebelum pelaksanaan ujian server dicek kembali,karena banyak yg bermasalah
Kala bisa untuk ujian menggunakan komputer yang disediakan Dari uin
Alhamdulillah di UIN Makassar berjalan dengan lancar
Sudah sngat bagus sekali….
Lebih kompak dan mudah mudah kedepannya bisa sukses
semoga bisa lebih baik lagi
Ujian tahun sekarang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya
Tahun percobaan
Tidak ada yang mengantar ke ruangan tes, jadi muter2 cari ruangan
Bagus lebih aman dari kecurangan2
Bs lebih elektif lg penyaringanny
Tapi masih blm terbiasa krn kekurangan info😅😅😅😅
Karena ini model tes yang baru, maka banyak peserta yang kualahan sebab tidak terlalu paham prosedur tes dan hal ini membuat suasana tes tidak begitu kondusif.
Kalo bisa dari awal harus di periksa lagi kualitasnya agar tidak terjadi seperti kemaren
Alhamdulillah ujian kheir min… Alhamdulillah menurut ana sangat memuaskan min..
Terima kasih sudah mensukseskan ujian ini
Terima Kasih kepada paniti penyelenggara ujian, khususnya panitia-panitia Jambi yang sudah berusaha keras mengadakan pelatihan untuk mengikuti tes seleksi Timur Tengah. Dan untuk program ruwaq juga sangat membantu sehingga kami mudah mengerjakannya dengan baik.
Jazakumullah….. 🙏🙏🙏
Cukup baik
Kalau bisa hasil ujian langsung keluar seperti ujian” toafl biasa
Cepat tanggap
Seleksi timur tengah TOAFL pertama kali nya yang diadakan oleh kemenag dalam menyaring para santri yang ingin melanjutkan studi ke timur tengah, sangat membantu dan cukup memuaskan. Mudah mudahan kedepannya lebih ditingkatkan lagi dalam memfasilitasi nya dan mohon ditingkatkan lagi dalam pengkondusifan para peserta dan wali yang mengantar.
Saya harap untuk memudahkan calon mahasiswa baru nya dalam melaksanakan ujian tes nya, perlu ada kesiapan dan komunikasi aktif antara panitia penyelenggara dengan peserta.
Panitianya ramah dan baik hati 🙂
Sudah cukup baik
Cukup bagus
Dan memuaskan
bagus
Supaya kouta lulus nya diperbanyak
Sebenarnya sudah sangat baik. Tetapi bagi yang belum terbiasa menggunakan sistem IT memang sangat memusingkan. Kembali pada setiap individu.
Luar Biasa…
Terus berjuang
Agar ujian dalam pelaksanaan lbih di tertibkn lagi dan tidak molor
Alhamdulillah untuk pelaksanaan berjalan dengan baik Dan insyaallah memuaskan.
Terima kasih atas bantuan para panitia penyelenggara ujian. Khususnya untuk panitia-panitia Jambi yang telah mengadakan pelatihan untuk memudahkan kita dalam ujian. Dan untuk program ruwaq juga sangat membantu.
Syukron 🙏🙏🙏
Jazakumullah
Sudah bagus, di arahkan dan di beri petunjuk saat tes
Sudah bagus, di arahkan dan di beri petunjuk saat tes
Alhamdulillah lancar dan gk ada kendala ketika pengetesan
Ujian tahun ini memang beda dengan tahun sebelumnya, kelebihannya adalah, materi ujian lebih jelas (asalkan tau informasi), menyaring siswa yang benar benar serius utk melanjutkan studi nya ke timur tengah, kekurangan nya, informasi yang sedikit mendadak
Alhamdulillah ujian ini berjalan dengan lancar. Mudah mudahan bisa lolos ke tahap selanjutnya
Saya kecewa dengan tes untuk tahun ini. Karena sistem tes yang berbeda dan biaya yang lebih mahal. Terlebih lagi kami harus membawa laptop, headset, dan hotspot pribadi. Seharusnya dengan biaya yang lebih mahal kami mendapatkan segala fasilitas tersebut dari Kemenag. Selain itu, ketika saya ujian audionya tidak dapat di putar dikarenakan wifinya yang lemot. Akibat dari hal tersebut saya mengerjakan tes dua kali yang cukup memakan banyak waktu. Saya benar benar kecewa dengan ujian toafl untuk tahun ini. Menurut saya kemenag kurang siap dalam menyelenggarakan ujian. Sehingga bayak terjadi masalah teknis ketika mengerjakan ujian. Terimakasih
Tolong tanggpi dngn kebijakan yang adil atas beberapa audio yang ga bisa di putar,
sudaah bagus semua insyallah
Soal yang diberi lebih baik dr yang kita pelajari dan tidak mengecewakan .karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil.
Dan ujian kali ini lebih memuaskan alhamdulillah
Good
ujian kali ini sangat berbeda dengan yang tahun kemarin, dan insyaAllah lebih kondusif yang sekarang
insyaallh moga menjadi ujian yg lebih baik
dng metode yang lebih baik amin
Kalau bisa waktunya sesuai jadwal yang sudah ditentukan..syukran
Tapi tidak ada keringanan bagi yang telat.
Bagus
Alhamdulillah Jazakumullah Khairan
Saya sebenarnya senang soal dibuat tidak terlalu susah. Tetapi peserta yang mendaftar ribuan orang untuk seluruh indonesia. Sedangkan kemenag membatasi kuota non beasiswa hanya 790 orang. Padahal untuk non beasiswa membayar dengan uang sendiri. Dan pihak al azhar pun tidak membatasi jumlah mahasiswa yang ingin mendaftar.
MasyaAllah INI Sgt membantu kami
Masalah koneksi internet saat pengoperasian dimulai tetapi dipindah keruangan lain sehingga mengulur waktu yg menyebabkan sesi selanjutnya jg mundur wktunya
Untuk panitia di tempat lebih sigap lagi yaa
Masih belum ada
Alhamdulillah ujian nya tidak ada halangan.Tetapi sebaiknya murokib menjelaskan bagaimana tata cara sebelum ujian.
Saran saya tidak perlu ada batasan utk yg ingin belajar ilmu agama di luar negri,utk tahun ini indonesia membahas kuota mesir salah satunya hanya 750 orang, menurut saya itu kurang efektif, lebih baik yg dilakukan oleh kemenag itu melihat standart nilai utk keluar negerinya saja karna mesir tdk pernah membataskuota bagi yg ingin belajar disana, jadi tdk perlu ada batasan atau kuota. jika nilai cukup dan mampu memenuhi standar nasional utk kemesir, maka para peserta dinyatakan lulus. Itu yg hanya ingin saya sampaikan. Tetapi bagaimana pun hasil yg sudah di tetapkan oleh kemenag itu sudah menjadi hukum.dan kami sebagai peserta tes hanya bisa berdoa supaya nama kami ada dalam jajaran orang yg lulus dalam seleksi timur tengah mesir …Aamiin ya rabb.dan saya berterimakasih pada para pengawas karna bekerja dgn sangat baik dan ramah.
Puas
Pelaksanaannya kurang memuaskan lalu apa gunanya membawa laptop sendiri??
Test kali ini lebih simple, dan mempermudah peserta dengan mengadakan test di hampir seluruh provinsi di Indonesia. Sehingga peserta tidak harus bingung dimana akan melaksanakan test karena cukup didaerah masing 😊
Subhanallah, panitia yang sigap dan fasilitas yang memadai
Alhamdulillah cara mengerjakannya gk ribet
Banyak kendala WiFi dan pengawasnya tersebut kurang mengarahkan menjadi kita bingung dan jikalau bisa pengawasnya yg alumni Al Azhar jadi mafhum segala nyaa bukan hanya untuk mafhum tata cara link untuk masuk saja tpi sudah Ahsan terimakasih banyak jadi banyak pengetahuan dalam soal” tersebut yg saya dapat
Assalamu’alaikum…menurut saya alhamdulillah ujian kali ini cukup menarik,dan kita bisa menguji tingakatan bahasa arab kita melalui toafl,tetimakasih, sukses slalu
Ujian tahun ini sudah lebih terstruktur dan sistematis. Namun, bentuk pemusatan tes ke-2 di jakarta menuai banyak problematika diantaranya biaya berangkat kesana bagi camaba yang berasal dari luar pulau
Saya merasa sangat bangga terhadap para panitia yg telah berupaya khususnya di uin sumatra utara harapannya Allah mentakdirkan yg terbaik buat kita semua
Mohon kepada pihak yang terkait dengan hal ini untuk menindak ulang kebijakan nya. Karna semangat pelajar Indonesia untuk menuntut ilmu ke timur tengah itu sangat kuat. Namun kebijakan pemerintah membatasi kuota pelajar yang akan di berangkatkan menjadi kendala utama bagi setiap pelajar yang ingin menuntut ilmu ke timur tengah. Kemudian untuk tes wawancara juga seharusnya dilakukan di daerah tempat ujian tertulis di lakukan, sehingga tidak menguras banyak biaya.
Sekian terima kasih
Kuota terlalu sedikit tidak seperti tahun-tahun sebelumnya
Semoga tahun depan bisa dilaksanakan tes lagi
Saya kurang suka dengan ujian menggunakan laptop..karna banyak siswa yang kesusahan menggunakan nya…dan ada pula yang website nya gak bisa…ada yang disuruh ganti laptop karna laptop nya gak memenuhi standar…saat harus mengganti dia bingung harus mencari kemana…karna dia sudah susah payah mencari pinjaman sebelumnya……jadi hanya sia sia……dan ada pula yang keluar sendiri karna gak tau memencet asal asalan dan keluar begitu saja…dan gak bisa di ulang…dia pun pulang dengan rasa kecewa…dan ada pula yang sampe nangis karna gak bisa jawab semua….yang sebetulnya dia sangat bisa….ini saya bagikan krna hasil dari yang saya lihat…dan sya menganjurkan untuk hanya menggunakan pensil dan kertas..walaupun sederhana tapi insyaallah gak bakalan ada yang kecewa….شكرا اخي قرا تم هذه النصيحة
Assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
…… Listening suara saya macet, dan itu sangat menyita waktu yang di berikan, padahal jika ada waktu lebih, saya bisa menjawab nya lebih baik, dan jawaban saya tidak terjawab semua karena listening nya memang ada yang tidak mau jalan, mohon bantuannya, kalo bisa saya mau ikut ujian ulang, menurut saya ujian online itu sudah bagus, tapi tolong perbaiki betul servernya, padahal goggle chrome saya telah up to date, demikian semoga penyelenggara bisa menanggapi, mohon maaf atas kesalahan dalam saya berkata, assalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Alhamdulillah panitianya ramah dan baik…
Dan menolng kami juga ketika kami dalam kesusahn konekso salh satunya..
Mungkin agak lebih tepat waktu lagi sama sesuai jadwal yg tertera.. Trima kasih.. Semoha makin sukses.. Aminn
Alhamdulillah penyediaan tempat dan fasilitas cukup memuaskan sehingga acara dapat berjalan dengan lancar alhamdulillah .. jazakumullah
kurang nya kekondusifan dalam ujian.. banyak peserta yang kesulitan ketika akan melaksanakan ujian..
kurang kondusif dalam pelaksanaanya
Kurang gereget
Tidak
Pelajari sesuai sample tes
Alhamdulillah penyelenggara bisa melakukan amanah
Banya problem atau masalah pda ujian kemenag online dan waktu ngerajain nya sesbentar saya sja smpai keteteran buat ngerjain soalnya bnyak, murid yg ngk tau atau susah pas menggunakan laptop ini test ujin kemenag tahun ini sedikit mengecewakan dan smoga kemenag menambahkan buat kuota ke mesir
Pas tadi regisrtasi, cuma ngasihin ktp sama formulir, ana bingung ko bukti pendaftarannya ga di pinta?
Waktu pengarahan sangat banyak
Semoga untuk kedepan tetap seperti ini
Alhamdulillah gak se horror yg di bayangin. Cuman temen ana ada yg error servernya, yg harusnya sesi 4 jadi sesi 5.
Yah memakai sistem online memang efektif,untuk mencari kualitas mahasiswa yang baik.tapi sedikit ribet juga sih.soalnya kita kan kebanyakan anak2 pesantren jadi baru baru ini megang laptop itu.terus kendalanya juga kemaren ana kan pake laptop harusnya itu bisa langsung kirim file foto dan KTP tapi pas tanya ke pengawas nya di lihat nya mereka juga kurang mengerti dengan sistem ini mangkanya ana sampe sekarang blom ngirim file foto sama KTP..kalo bisa pengawas itu harus mempersiapkan dulu deh biar pas kita tanya dia usldah siap
Syukrooon
Sangat memuaskan dengan semuanya
Ujiannya mantap
Mohon maaf kemaren ketika saya mengikuti ujian, bermasalah pada listenning nya, ada beberapa soal yang listenning nya tidak bisa dibuka
Sangat memuaskan dengan semuanya
Sangat luar biasa
Test syafahinya tolong jangan mesti di jakarta,di uin masing” aja,soalnya biaya ongkos ke jakarta mahal,dri medan 1 jt 600,laen lgi pulangnya,belom tentu lulus pulak lagi tuh,tolong pihak penyelenggara ujian dapat merobah tempat ujiannya di uin masing” kasian kami yang gak cukup uang untuk biaya testing syafahinya
Cukup, trkendala hnya PD waktu
Kuota nya jangan dibatasi… Karena akan menutup kesempatan teman teman yang memang berniat betul betul mencari ilmu 😊
Seharusnya soalnya harus lebih mudah lagi da nilai kelulusan seharusnya di bawah 70% agar memudahkan santri lulus ujian ke tahap selanjutnya dan kuota penerima beasiswa harus lebih banyak lagi agar banyak yg lulus
Tanggapan saya: saya merasa cukup puas dengan ujian kali ini.
Saran: sebaiknya kuota jalur beasiswa nya di tambah
Komplain: saya merasa kecewa. Sebab, seleksi kedua berada di Jakarta. Dan kasihan kepada teman” yang jauh-jauh dari ujung timur dan barat harus ke Jakarta buat seleksi tahap kedua. Dan ditahap kedua sendiri belum tentu juga akan lulus ke negara Tujuan yang dipilih.
Alhamdulillah soalnya tdk sesulit yg saya byangkan
Cukup sulit
Pelayanan nya cukup baik
Saya pribadi merasa sangat puas dengan ujian yg diadakan online hari ini, semoga hasilnya nantipun memuaskan. Harapan saya kepada tim penyelenggara terkait ttg pelaksanaan tes wawancara agar disalakanakan di tempat yg sama sperti tes online pd hari ini.
معكم التوفيق و السداد
Sangat bagus karna dengan adanya ujian melalui jaringan internet menjadikan sebuah motivasi dan pelajara bahwa orang islam itu harus perlu tau dengan kemajuan zaman bukan hanya diam,duduk di masjid tidak tau menau dengan keadaan dunia saat ini.
Alhamdulillah pelaksanaan ujian nya berjalan lancar walaupun masih ada kendala sedikit teknis dalam pelaksanaan.
Semua panitia penyelenggara sangat baik
Sejauh ini penyelenggaraan berjalan sangat baik. Seiring berkembangnya zaman, KEMENAG terus mengikuti arus perkembangan dengan baik. Salute untuk penyelenggaraan tersebut.
ini merupakan metode yg mengasikan dan butuh perjuangan…. ada hal yg sulit saat pelaksanaan misal..
jaringan ngk konek
salah email dan hal terkait tes tersebu . tapi itulah hal yg allah uji atas kesabaran kita dlm melaksanakan tes . yang lain uda pada tes eh kita blm itulah perjuangan semua itu tidak dilakukan dgn mudah
smoga dengan metode ini…menjadi lebih baik lagi.untuk masa depan cerah
sangat beda dari yg dulu dulu
Apresiasi aja dehh, jazakumullaah buat para pembuat soal. Karena ga jauh jauh dari yang kita pelajari. Malah ga ada insyaa’. Jadi suka deh. tapi kemaren ada yg lupa jawabanya apa ahzan yaa robb. Tapi harapan besar bisa lolos aamiin
Alhamdulillah
Dalam memperbuat penyelenggaraan dalam test ini,sangat disiplin dan tolong menolong hal yang belum memenuhi syarat.
Dan memberi saran dan semangat kepada peserta test ujian ke timteng.
Ketika saya ujian pas di soal listening/istima’ audio macet-macet dan yang paling parah suara tidak keluar, terus saya melaporkan kepihak pengawas,lalu disuruh menjawab soal2 yang lain terlebih dahulu,tetapi sampai waktu habis audio ujian/soal suaranya tidak kunjung keluar sampai waktu saya habis hanya menunggu suara audio ujian pada soal tersebut dan menyebabkan saya tidak bisa menjawab soal dikarenakan hal tersebut.dan ketika saya melaporkan hal ini kepihak pengawas, beliau hanya menyuruh saya untuk mencatat nama dan email saya saja.belum ada tindak lanjut dari pihak penyelenggara tentang saya yang belum menjawab sebagian soal-soal istima’/listening karena bermasalah seperti tadi.
Alhamdulillah, jaringannya cukup baik.
Tapi untuk kedepannya, mohon diperhatikan lagi soal tes masing2 peserta. Karena sepertinya tidak seimbang. Dan kalau bisa tempat tes diinfokan tidak pada H-2
harus belajar dan mempersiapkan matang matang👍🏻
Tidak ada
Semoga hasil sesuai dengan ekspetasi
sudah baik
Alhamdulillah tahun ini membaik dalam menyelenggarakan ujian tes Timur Tengah
Knapa koq soalnya beda sama thun kemarin…..kemarin kan ada sgala van
Dalam memperbuat test seperti ini para pengawas berlaku disiplin, menghargai waktu dan tolong menolong kepada para peserta yang belum memenuhi syarat .
Dan memberi semangat serta dukungan dalam mengerjakan ujian test untuk ke timteng.
Contoh soal seperti ini bisa mengetahui sampai mana pemahaman berbahasa Arab kita, insyaallah sangat baik buat kedepannya
Menurut saya bagus sebenarnya menggunakan program seperti ini namun gimana untuk rakyat yang belum bisa menggunakan atau belum mempunyai laptop atau komputer tentu hal ini akan memberatkan niat mereka untuk mengikuti ujian ini, sedangkan disekolah sekolah di perdesaan belum ada praktek khusus tentang komputer atau laptop kalau pun ada pasti harga nya mahal, kalau memang ingin terus menggunakan program ini hendak nya pemerintah mengadakan khursus gratis bagi rakyat rakyat di perdesaan agar semua rakyat bisa menggunakan laptop atau pun komputer sekian dari saya terimakasih
Assalamualaikum,,,cara pengerjaannya agk ribet, disuruh inilah itulah, terkdg speakernya gk jalan,,,trus masa tes ke 2 hrs kejakarta susah bg yg diluar pulau,,,tolong jgn dibatasi kapasitas yg mau bljr ke timur tengah, tp sistem online ini berarti sdh sebuah kemajuan dr kemenag pendidikan karna msh baru ane maklumi karna byk kekurangan… Skali lg tolong jgn dibatasi kapasitas yg lulus. Syukron. Wassalamu’alaikum
Mohon ditingkatkan pengawasan dan bug dari halaman toafl nya.sekian terima kasih
Dari saya pribadi sangat puas dgn pelayanan para panitia, khususnya di riau..
Dan ada 1 saran dari : sebaiknya panitia memeriksa kepatenan laptop para camaba sebelum dimulainya ujian..
Agar camaba bisa memperbaiki kerusakan atau kekurangan yg ada pada laptop..
Syukron
Alhamdulillah, sangat bagus sekali buat diadakan ujian kedepannya karena soal seperti ini bisa lebih mengetahui sampai mana kita bisa berbahasa arab dengan benar,,, 😊
Banyak trouble terutama di jaringan.. kenapa dengan sistem CBT ini peserta malah di suruh bawa laptop?? Lalu untuk apa bayaran tes yg sampai 250 itu?
kurang memuaskan
Wifi nya ngelag sehingga mengurangi waktu ujian, pengawas nya baik dan ramah
semoga kedepannya lebih baik lagi
Memuaskan dikarenakan dalam proses test ujian tidak dapat melakukan kecurangan.
Dan pengawas membantu pesrta yang belum memahami persyaratan masuk dalam malakukan test ujian untuk ke timteng..
Tetapi tidak semua dilayani sepenuh nya, akan tetapi dengan begini mereka tetap menghargai waktu yang ada.
Saya masih kurang puas dalam melaksanakan tes kemarin,dari melaksanakan ujian dengan membawa alat ujian sendiri, kuota yang semakin sedikit ketimbang dari tahun sebelumnya kasihan yang datang jauh-jauh ketika sudah sampai tempat ujian malah ada gangguan seperti kemarin.padahal banyak calon mahasiswa yang ingin belajar ilmu agama yang lebih mendalam,harusnya sebelum di laksanakannya tes semua komponen harus di siapkan dengan baik, kemarin masih banyak calon mahasiswa yang melaksankan tes yang komplain tentamg masalah jaringan, ketika menghadapi soal istim’a audionya tidak bunyi, itu sangat merugikan untuk para calon mahasiswa karena tidak bisa menjawab soal dengan tuntas karena ada kendala
Saya bersyukur bisa test mesir tahun ini, dan saran utk menambah kuota utk mahasiswa2 mesir
Lain kali di setiap tempat adakan jaringan internet gratis /umum.kasian kemaren ada yg macet karena datanya habis di tengah jalan
Tanggapan ana Alhamdulillah ujian ini bagus tapi ada komplain tentang masalah sistem dalam soal listening ada yg tidak bisa di dengar dan limit waktu tiba” mengurang
Istima yang tak terdengar menjadi bonus kah?
simple tidak bosen biasanya berlembar kertas ujian nya.
semoga kedepannya diberi arahan dan kabar. masuk waktu ujian. serta diberitahu waktu masuk waktu dan akhir nya.
saya mau komplain, kemarem ada soal yang tidak keluar suaranya
Sungguh mengesankan.
Bikin dredeg para peserta ujian.
Bikin gugup.
Tapi Alhamdulillah.
Semoga semua di beri kemanfaatan sendiri sendiri.
Wifi nya kurang cepat
Terima kasih kpd para panitia pelaksana khususnya di jambi.
Terus berjuang
Mohon lebih sabar dalam menghadapi peserta yang ada kendala
Tes tahun ini soalnya sangatlah berbeda dengan tahun – tahun kemarin
Fasilitas yang sangat nyaman
Mudahan bisa menjadi orang yang berguna bagi nusa dan bangsa
Saya apresiasif dengan panitia yang berhasil menyusun ruangan sedemikian rupa lebih-lebih ujian tahun ini berbeda sistem. Menurut saya sudah baik, pastinya segala sesuatu ada positif negatifnya. Dalam ruangan saya kendala berupa eror server, internet lambat namun semuanya dapat teratasi alhamdulillah. Begitupun dengan yang mengalami gangguan ujian seperti submit dengan sendirinya dan sebagainya. Positifnya, ujian seperti ini menghimbau kecurangan beberapa oknum. Selebihnya, semoga yang diharapakan dapat terealisir. Amiin
Kurangnya kordinasi antara panitia dgn peserta,kurang jelasnya administrasi.dan lamanya tanggapan dari panitia
Assalamualaikum
Afwan mau beri saran🙏
Saran saya sama seperti kemarin yaitu tesnya di satu tempat yang sama, walaupun itu beberapa tahap dihari atau tanggal yang berbeda no problem asalkan masih satu Uin yang sama.
Kasihan bagi peserta yang terdekat di uin yang mereka pilih harus pergi ke Jakarta untuk tes lisan.
Wassalam
Mutasakkir awi 😊🙏
alhamdulillah ujian berjalan dengan lancar meskipun saya masih kesulitan dalam sistem pengoperasian komputer tetapi pengawas telah membantu saya
terimakasih atas bantuannya
Bagus luar biasa
Alhamdulilah ujian kemenag tahun ini yg saya ikutin,lancar..fasilitas semua ada jadi mempermudah calon seleksi saat proses ujian berlangsung,terima kasih
Semua persyaratan harap di sepakati saat awal pendaftaran.. Dan mohon jangan di ubah2 kembali….
Dan mohon lebih di pertegas kembali.
برك الله يا استاذ
Tidak ada, semoga Allah memberikan yg terbaik
Alhamdulillah, penyelenggaraan di UIN ALAUDDIN Makassar sangat memuaskan, krena fasilitas telah disediakan seluruhnya oleh panitia dengan sangat baik , mulai dari ruangan sampai alat elektronik yang digunakan untuk tes sehingga memudahkan para peserta seleksi. Dan dengan adanya keseragama alat elektronik yang digunakan, maka panitia mampu meminimalisir terjadinya kecurangan dan juga menghilangkan perbedaan yang ada, sehingga ujian berjalan dengan tenang tanpa adanya keluhan. Adapun masalah soal mungkin harus dipersiapkan contoh soal yang lebih banyak lagi agar para peserta lebih banyak mendapatkan bayangan. Dan mungkin para pesrta boleh diberi ilmu tentang eTOAFL karna mungkin banyak yang masih minim dalam pelajaran eTOAFL terutama dalam masalah kaidahnya. Kasihan mereka yang mungkin sama sekali belum tau dan paham tentang kaidah kaidah eTOAFL, saya sendiri Alhamdulillah ikut eDaurah tentang eTOAFL dan banyak sekali ilmu baru yang bisa saya dapatkan tentang eTOAFL tersebut dan harusnya semua para peserta seleksi harus tau ilmu eTOAFL tersebut…oh iya ustadz/h.. Pengumumannya jangan dadakan terus ya hehehe afwan… syukron ustadz/h
alhamdulillah panitia sangat ramah dalm melayani peserta…saran ujian seperti ini agak membuat peserta bingung sendiri..kadang ada yg eror..ada yg ngk bsa mengaplikasikan laptop tapi ia mempunyai keinginan yg kuat untuk kuliah dsna..
Kalau bisa panitia menyediakan komputer bagi seluruh peserta test. Agar seluruh para peserta dapat melaksanakam test dengan mudah
Lembaga ini sangat bagus dan sangat membantumembantu, saya sangat mendukung dan berharap bisa terus meningkatkan kinerja agar tidak lagi ada kekurangan apapun.
Tolong lebih di baguskan lagi untuk tahun selanjutnya
Terima kasih
trima kasih dan luar biasa
Kerenn
Alhamdulillah, semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. Dan mohon doa untuk saya semoga ditakdirkan untuk menimba ilmu disana
Seharusnya tidak ada pembatasan kuota untuk non beasiswa karena pasti akan ada yang terzolimi
-Semua tertib dan lancar
Mungkin utk tahun selanjutnya soalnya lebih dipersulit..agar yg benar2 lulus adalah dia yg ikhtiarnya bner2 mati2an
Ujian yang mungkin lumayan mudah namun kami merasa sulit dalam sistem yang kami rasakan
Tolong di tingkatkan lagi dalam hal teknisi lapangan supaya peserta nyaman dalam melaksanakan ujian dan fokus dalam melaksanakannya
bacaannya ada yg tdk berharakat jadi susah dibaca menurut saya:)
Alhamdulillah waktu dikasi banyak.. Jdi bisa diperiksa selama berulanh ulang kalo
Baik. … , tpi sedikit ribet
Good
Alhamdulillah ujian yang dilaksanakan cukup memuaskan. Mudah mudahan mendapatkan hasil yang baik
Sosialisasi lerlu digalakkan lagi sembari menambah pendukung ujian yang memadai
Soal yang bervariasi dr tingkat mudah ke tingkat yg paling sulit
Ruwet banget dan sangat membingungkan, lebih baik tes lewat tulis jangan lewat online, kita juga gak tau apakah semua yg ikut tes bisa main laptop.
jadwal juga gak pasti, mundur mundur terussss
Assalamualaikum,,
Ane cuman ingin mengusulkan,,,minta tolong kuota bagi putra/putri indonesia yg ingin menuntut ilmu di timur tengah smakin banyak lagi,,,karna peninat timur tengah sangat banyak, sementara itu kuotanya sangat minim.
Sekian trimakasih, wassalam
Alhamdulillah, terima kasih kepada penyelenggara ujian yang telah melakukan tugas dengan baik, sehingga ujian berjalan lancar.
afwan,lebih rumit dari sebelumnya,tidak apa2 klu slksi nya diperketat dsbbkn bnyakny thun kmrin yg brngkt ke mesir,namun jgn mmbuat prosedurnya rumit,syukran
Agar menyediakan wifi yg banyak kalau buat ujian online yg pesertanya ribuaan
Alhamdulillah
Banyak komputer yg kurang mau menanggapi sikonnya,tpi alhamdulillah pengawasnya baik Dan slalu stay untuk mmbantu,Alhamdulillah waa syukurilah mengisi dengan lancar walaupun telat dengan yg lain Karena mencari komputernya yg terhubung dengan wi_fi nya lama untuk d kondisikan,Dan terima kasih untuk para pembimbing yg sudah mengajarkan dari blm tau sampai tau Dan waktunya tiba ..terimakash banyak untuk para pembimbing Dan pengawasnya dan untuk semua nya ..🙏
Semoga dengan cara tes ini kami para peserta dapat juga sedikit mengetahui tentang alat teknologi
Apalagi rata rata peserta yang ikut itu kebanyakan santri yg dimna ada juga yg tdk belajar TIK
Banyak komputer yg kurang mau menanggapi sikonnya,tpi alhamdulillah pengawasnya baik Dan slalu stay untuk mmbantu,Alhamdulillah waa syukurilah mengisi dengan lancar walaupun telat dengan yg lain Karena mencari komputernya yg terhubung dengan wi_fi nya lama untuk d kondisikan,Dan terima kasih untuk para pembimbing yg sudah mengajarkan dari blm tau sampai tau Dan waktunya tiba ..terimakash banyak untuk para pembimbing Dan pengawasnya dan untuk semua nya ..🙏
Bagi saya sendiri yang melaksanakan ujian di UIN Banten saya merasa sangat puas atas pelaksanaan ujiannya yg tertata rapih dengan pengawas yg memberikan pengarahan yg jelas dan koneksi internet yg lancar tanpa ada hambatan .. tetapi ada sedikit keluhan yg saya dengan dari teman2 saya yg ujian di tempat yg berbeda tentang kendala di koneksi internet yg menghubungkan ke server pusat .. bahkan ada yg terhalang mengerjai soal karna kendala jaringan internet
Alhamdulillah bisa mengerjakan…..ya meskipun ada kesulitan……..optimis bisa…….dengan di kuatkan dengan doa dan sholawat atas nabi Muhammad Saw.❣️
afwan,ana rasa thn ni lebih rumit,tidak apa2 klu sleksinya lebih diperketat dsbbkn bnyaknya yang brngkt kesana,namun jgan mmbuat prosedurnya dll lbih rumit,syukran
Alhamdulillah sangat memuaskan
Lumayan bagus
Bagus menggunakan sistem digital akan tetapi banyak masalah mulai dari jaringan , saat istima’ tidak muncul suara dialog nya dan byk yg sulit untuk masuk ke soal . Mudah2 an ujian yg diadakan kemenag tahun depan lebih baik daripda tahun sekarang .
Kurang nya perhatian dan pengawasan saat ujian mengakibatkan sulitnya peserta tes dlm menyelesaikan permasaahan. Sprti kendala troble dan cara input serta log in…diadakannya pelatiha wajib sebelum mencoba ujian timur tengah
Alhamdulillah seleksi tahun ini lebih bagus dan untuk hasil ku serahkan kepada allah swt
Semoga model tahun depan tidak sama.. Agar tidak ada kecurangan
Masalah sistem yg ada nganggu an membuat saya kecewa mohon diadakan ujian susulan bgi kmi yg sistem nya kemaren terganggu
Saran harus lebih banyak memberikan contoh2 soal latihan sebelum para calon mahasiswa timteng melakukan ujian yang sebenarnya karna Memang tahun ini berbeda ya sangat dimaklumi karna membuat soal juga tidak sgampang itu
Teriakasih untuk penyelenggara ujian dan kpada para panitia yang ikut andil didalamnya
Semua lancar
Bagus
pelayanan di waktu tes sangat professional, karna panitianya ramah, dan sedia membantu ketika ada calon mahasiswa/siswi yang bermasalah
semoga saya lolos ujian
Istimaknya gk kedengaran…
Alhamdulillah ana lebih senang ujian online dari pd ujian offline, gk harus jauh ke pkn baru, untuk saran, sebelum ujian sebaiknya ada to dulu, karna banyak dari tmn” ana yg masih gaptek yg gk bisa gunai komputer, jadi pas ujian berlangsung banyak peserta ujian yg bermasalah d login lah, bahkan ada soal yg tidak bisa d dengarkan yg pas istima’nya…. Tapi bagus kok ujian online.. Mungkin karna kali pertama ngadain ujian ini, ada sedikit kendala, menurut ana , ana setuju ujian online jika d lanjutkan pada tes” berikutnya…
Istimaknya kacau gmana ini yyy
Sebagian ada yang bermasalah saat ujian
Sangat memuaskan
Assalamualaikum, secara umum ujian pada tahun ini sudah sangat baik, namun yg kami sayangkan adalah tidak adanya jenis soal insya’ yg biasa nya menjadi soal yg memiliki nilai dari keseluruhan soal
Alhamdulillah dengan adanya sistem toafl kami banyak belajar dan mendapat manfaat yang beluk kita dapati,dan juga dengan sistem toafl ini mempermudah kami agar bisa membaca soal lebih trliti,namun. Disayangkan sekali adanya masalah koneksi dan dari beberap jenis soal tentang sima’i yang tidak bisa diputar sungguh merugikan bagi saya karna soal tidak bisa diputar audionya namun kita tetap harus menjawab soap itu,jadI ada beberapa jenis soal sima’i yg dijawab tanpa mendengarkan soal soma’i tersebut.terima kasih dan maaf jika ada salah kata.
Sebetulnya memang bagus untuk diadakan tes TOAFL dan batas nilai maksimun,,
Tapi yang memberatkan disini adalah tes tahap yang kedua yang diadakan di jakarta,,itu terasa memberatkan,menimbang kita banyak berasal dari liar jawa,dan yang notabenenya keluarga yang kurang mampu.
Diharapkan kepada kemenag kedepannya agar lebih bijak lagi dalam membuat keputusan,dan tidak memberatkan bagi para pejuang yang ingin belajar ke timur tengah.syukron..
Secara keseluruhan sudah sukses, mengingat ini adalah penyelenggaraan ujian berbasis teknologi untuk pertama kalinya.
Jazakumullah khayran katsiraan untuk para pihak yang ikut mengapresiasi adanya seleksi perguruan tinggi timur tengah ini.
Soal² tahun ini lebih mudah dari tahun² sebelumnya,, akan tetapi lebih berbobot soal² tahun kemarin.. Syukran..
Saya kira pelaksanaan seleksi timteng tahun ini cukup baik tapi bagaimana penanganan untuk peserta yang belum bisa login dan tidak bisa mengikuti ujian….
Semoga Senantiasa di Lulus kan atas nama sapriadi .amiiinn
Sangat tidak disangka soal2nya
Agar bener memeriksa hasil ujian biar tidak ada kesalahan
Untuk kedepannya sistem harus lebih baik lagi, jika memang ada perubahan sistem sebaiknya memberi infonya jauh-jauh hari dan tidak terlalu mepet *mendekati tesnya karena membuat persiapan para peserta kurang maksimal. Terima kasih😀
Menurut saya yah memuaskan ujian ini tapi nggak tau kalau hasil saya nanti
Alhamdulilah semakin tahun semakin membaik
Kalau bisa jangan pakai sistem online
Terimakadih kepada penyelenggara ujian Toafl untuk pergiruan timur tengah
Ya
Kalu bisa kota yang no bahsiswa itu jangan dibatskn tpi dng memenuhui setndar nilai soalnya kita ingin kuliah di temapt para nabi pernah beljar…jadi saran saya agar kotanya jngn dibatasi tapi sesuai dengan nilai yang melebihi nilai setandar…hanya itu,terimaksih…
Saya berharap besar bisa lulus kemesir di tahun ini.
Koneksi internet lebih di stabilkan
Diperbaiki lagi untuk teknis memasukkan kode di awal masuk ketika ingin login, karna saya salah satu korban yg merasakan bgtu tegangnya ujian ditambah masalah sulit untuk memasukkan kode di awal, karna yg saya pikirkan waktu dan waktu, semoga kami semua bisa lulus dan meneruskan pendidikan kami di universitas Al-Azhar Kairo dengan semudah mudahnya🙏
Aamiin yra..
Makasih udh boleh ikut tes
Baarakallahu Fiikum
Agar di adakan ujian lagi untuk tahun depan
Kami berharap agar nantinya bisa dipisahkan ruangan tesnya antara laki-laki dan perempuan agar tidak terjadi ikhtilat atau campur baur
Kurangi hoax
Untuk kedepannya agar tes berjalan lancar, kami mengharapkan tidak ada lagi gangguan jaringan
good
Menurut saya, untuk jumlah penerimaan lebih diperbanyak, karena melihat minat yang banyak dari para pelajar indonesia, maka disini perlu peran aktif dari kemenag, dan dipermudah, bukan dipersulit.
Bagus
Panitia luar biasa
Apakah kuota mesir akan ditambah?
Alhamdulillah ujian kemarin berhasil berjalan dengan lancar karena peraturan disana sangatlah ketat sehingga para peserta tidak ada yang melakukan kecurangan disamping itu juga telah disediakannya wifi untuk ujian kami tapi ada beberapa dari kami tidak terkoneksi dengan wifi nya sehingga membuat kami menjadi pindah ruangan dan memakai komputer yang ada disana
Terima kasih.
Penyelenggaraan ujian berbasis komputer pada tahun ini banyak mengalami kendala
Tahun ini lebih baik dari sebelumnya
Secara keseluruhan ujian tahun ini sudah sangat sangat baik dengan diadakannya ujian seperti ini bisa menyeleksi orang2 yg benar-benar ingin ke Timur tengah
alhamdulilah memuaskan
Alhamdulilah ujian kemenag tahun ini yg saya ikutin,lancar..fasilitas semua ada jadi mempermudah calon seleksi saat proses ujian berlangsung,terima kasih
jazaakumullahu lhooo.
Usahakan agar sesuai jadwal yg tertera dalam agenda, agar tidak ada keterlambatan dalam mengikuti seleksi.
Ujian ini adalah ujian yang baik
Ujian di tahun 2019 ini sangat memudahkan peserta ujian saat proses ujian, melihat bagaimana kebanyakan ujian yang ada di Indonesia telah menggunakan komputer, jadi peserta pun sudah terbiasa. Akan tetapi ujian dengan membawa laptop sendiri sedikit menyulitkan pesarta yang tidak memiliki laptop atau laptop bermasalah yang dapat mengganggu proses ujian, dari yang laptopnya eror atau sebagainya.
Terlalu lama memulai ujian sehingga tidak sesuai jadwal
Terlalu lama memulai ujian sehingga tidak sesuai jadwal
Ada beberapa teman yg bermasalah dengan login hingga ujianya ditunda
Penyelenggara ujian sepertinya cukup kesulitan ketika terjadi system error aplikasi e-test. Mereka diharuskan menunggu respon dari UIN Sunan Ampel terlebih dahulu, padahal terdapat peserta yang datang dari luar daerah dan terpaksa menunggu hingga tertunda seperti teman saya.
Agar lebih baik lagi kedepannya
ujian timteng tahun ini sudah cukup baik,pelayanan nya pun sngat baik sekali,walaupun msih ada beberapa kendala yg mmbuat peserta tes gelisah,sbaiknya model tes ini d tentukan ktika mereka masih klas 3 sma/ma spya gak terlalu bnyak uang yg d kluarkan oleh clon peserta,klw tdak d umumkan cepat bntuk soalnya,nnti tkutnya para clon peserta banyak mngeluarkan biaya buat les,mondok ,bli buku,untung klw pas mteri nya d pondok sma bkunya,klw tdak gimna lagi tu,kbnyakan yg ikut tes bukan orang kya aja.tpi banyak skali yg dri klngn bwah yg memiliki impian untk bljar d timteng,scra kseluruhan alhamdulillah sdah cukup baik,bhkan hsilnya bsa kluar dlam htungn hari.mantap ,inilah ujian yg memanfaatkan perkmbngn zaman,mantap pokonya
Saya sendiri sangat mengapresiasi e-test yang diadakan tahun ini, karena menurut saya berdahapan dengan komputer lebih nyaman dan tenang ketimbang mengisi jawaban di lembaran kertas yg justru menambah ketegangan. Tetapi yang harus dibenahi menurut saya adalah komputer dan jaringan, saya berharap di tahun-tahun berikutnya peserta tdk lagi diwajibkan membawa laptop masing-masing, melainkan semua lokasi tes lah yang akan menyiapkan segalanya matang-matang. Semoga tahun ini bisa kita jadikan motivas untuk berbenah ditahun-tahun berikutnya.
Untuk perdana sudah cukup baik .
Lebih tertib lagi atau ontime
Soal fahmul masmu’nya nggk keluar suaranya
Alhamdulillah baik dan para petugas ujian ramah ramah
Tes wawancara kenapa dijakarta, kasihan uang orang tua klo tdk lulus. Itu sja
Terimah kasih kepada seluruh panitia atas pasilitasnya dan org yg ikut berpasrtisipasi atas sukses dan lancar nya ujian tersebut
Alhamdulillah ujian ini sangat baik dan berjalan dengan lancar
Tanggapan saya kepada penyelenggara ujian bahwa saya puas mengikuti ujiannya
Saya sendiri sangat mengapresiasi e-test yang diadakan tahun ini, karena menurut saya berdahapan dengan komputer lebih nyaman dan tenang ketimbang mengisi jawaban di lembaran kertas yg justru menambah ketegangan. Tetapi yang harus dibenahi menurut saya adalah komputer dan jaringan, saya berharap di tahun-tahun berikutnya peserta tdk lagi diwajibkan membawa laptop masing-masing, melainkan semua lokasi tes lah yang akan menyiapkan segalanya matang-matang. Semoga tahun ini bisa kita jadikan motivas untuk berbenah ditahun-tahun berikutnya.
Kepada seluruh panitia terimakasih telah menyelenggarakan ujian
Cukup
Ujian nya bagus
1. Ujian diselenggarakan benar-benar hanya memprioitaskan bukti pembayaran
2. Persyaratan perlengkapan hampir semua tidak berguna ketika ujian.
sangat bagus diadakan dengan ujian komputer
Seharusnya pihak panitia menyediakan laptop/komputer untuk para peserta tes ….karena banyak dari temen temen peserta ujian yg kesana kesini nyari pinjaman laptop ……
Dan untuk tahun ini sangat menyulit peserta yg wilayah nya diluar jawa , mereka harus pergi ke Jakarta untuk lanjut ujian ke dua….padahal belum juga bisa dipastikan lulus……
Dan untuk tahun ini juga, pesertanya sangat dibatasi yaitu 750 …padahal banyak dari kita yg sangat berkainginan berangkat dan menimbah ilmu disana ….
Tapi saya juga berterima kasih kepada pihak panitia yg sudah mengadakan ujian ini….
Syukron…
Pengawasannya baik,tp bikin gemetar,teman seruang baik,permasalahan nya alat elektronik
Alhamdulillah puasehat, semoga diberikan hasil yg terbaik aamiin
Sulit Log In ke Akun dan masuk ke soal Testnya
Mohon dikembangkan lagi terkait teknisi sistemnya
Sebaiknya ujian di selenggarakan manual seperti tahun sebelumnya karena kalau online ada yg salah tekan seperti kemarin teman saya tidak bisa melanjutkan untuk mengisi soal selanjutnya padahal teman saya baru mengerjakan soal sekitar 8%.
ممتاز
Alhamdulillah cukup baik dlam menanggapi kami yg mengikuti test kemarin d uin jkrta
Terima kasih atas layanannya
Sangat baik
Mudah2an bisa lebih baik kedepannya
Terima kasih atas layanan antum
Tak ada
Alhamdulillah
Senang sekali
Memberikan fasilitas seperti laptop atau komputer untuk tes
Ujian oline ni agak sedikit rumit dari tahun kamerin
Alhamdulillah in sya allah saya puas dengan ujian inii dan dengan izin allah semoga saya bisa lulus nantinyaa
Alhamdulillah…. Semuanya sudah lumayan bagus..
Tinggal penambahan kuota beasiswa aja. Dan semoga saya mendapatkan beasiswa
Sangat mudah di mengerti, sebaiknya lanjutkan untuk tahun yang akan datang
Lumayanlah
Saya sangat suka dengan ujian yang di selenggarakan oleh kemenag
Tidak ada
Semoga lebih dipermudah.terutama fasilitas seperti laptop,webcam,dan lainnya.karena tidak semua peserta memahami cara setting laptop.
Terimakasih atas penyelenggaraannya.. tapi dimohon untuk kemenag menambah kuota masuk untuk camaba mesir
Sarannya agar server nya lebih dipersiapkan lagi
Tidak ada
Fasilitas ujian serta koneksi dan jaringan internetnya tidak memadai dengan jumlah peserta ujian
Kami sangat puas dengan ujian Seleksi tahun ini,tapi emang agak ribet…
Kemarin ada 1 kelompok soal yang tidak ada jawabannya dan itu mungkin menyebabkan berkurangnya nilai saya
Masalah jaringan
Fasilitasnya cukup baik
Terima kasih banyak
Barakallahu fiikum
Agar kiranya seleksi tahap ke2 diadakan di tempat masing2 jngn di Jakarta.
Lbh baik tes lisan diadakan dibbrpa t4 sekaligus tes tulis yg diadakan kmrn
Cukup bagus
ASSALAMUALAIKUM AL HAMDULILLAH SANGAT MENGAPRESIASI
Kurang kondusif.karna banyak yang tiba tiba jaringan nya error
Kenapa tahap 2 nya harus ke jakarta, kenapa tidak di tempat terdekat saja, karna belum tentu semua orang bisa kesana, cukup membuang biaya yang sangat banyak
Informasi yang lebih detail dan pasti
Bnyak yg eror.. Di soalnya.. Audio.. Jaringan.. Sedangkan pengujinya cuma jawab “Mana saya tahu.. Silahkan tanya ke lantai 4 “.. Knpa semua penguji hampir di setiap ruangan seolah” tidak suka dengan kami yg sangat ingin belajar ilmu agama di negara para nabi itu… Padahal… Bukankah cita cita kemenag ingin menjadikan islam indonesia masyarakatnya sawathiyah agar tidak gampang mengkafirkan orang…
Mungkin faham mksud saya… Terima kasih
Al hamdullih sangat baik ,memuaskan dan sangat membantu para calon untuk bisa mengembangkan diri
Alhamdulilah untuk kemenag yang sudah membantu para akhi ukhti seperti kami yang niat kuliah di timut tengah
Alhamdulillah ujian ini berjalan dengan lancar dan sangat baik
Kalau bisa ujian lisan juga di adakan di daerah masing2 karena untuk ke jakarta butuh uang yang lumayan banyak dengan harga tiket yang sedang tinggi, apalagi jika tidak lulus, maka akan sangat mengecewakan peserta dan orangtua nya,,,,saya minta maaf, bahkan kemaren ada yang bilang pemerintah telah memotong kaki pelajar dengan perubahan tes tahun ini, tapi saya tetap semangat sekali lagi maaf,,,,,,
Mudah²an ada Di berikan peluang untuk saya…aamiiin
Tidak ada
Akan jauh lebih baik jika tes ke 2nya diadakan di kota masing masing…
Ujian sesi pertama berjalan mulus tapi apakah ujian sesi keduanya wajib ke jakarta
Panitia memang liar biasa
Kuota sangat sedikit
Alhamdulillah kami di uin malang lancar dan kami di terima dengan baik. Baik oleh pengawas, operator dll.
Suksess untuk kemenag!!
Semoga segala kekurangan bisa di minimalisir untuk masa yang akan akan
ana berharap sama apa yg telah ana usahakan selama ini tak sia sia,, terutama Ridho Allah SWT. 😇
Menurut saya panitianya cukup baik dalam persiapan ujian tahun ini
Tanggapan saya ya Alhamdulillah baik aj, lanjutkan
tes seleksi kali ini sangat berbeda dengan yg tahun lalu… lebih memuaskan
Semoga untuk tes ke 2 dilaksanakan di daerah masing masing
Ada beberapa soal yang tidak bisa saya pilih (saya pencet) padahal itu adalah jawabannya, bagaimana ya ?
seleksi yang diadakan oleh kemenag berjalan dengan baik
Sangat memuaskan dengan semuanya
Alhamdulillah
Pelayanannya lumayan baik
Alhamdulillah sae
Soal fahmul masmu’nya nggk keluar suaranya
Tidak ada
Masya Allah fasilitasnya lengkap dan Alhamdulillah tidak ada kendala dalam mengerjakan soal
Jazakallahukhaira
Masih ada yg belum memuaskan ketika ujian karna banyak masalahnya
Taun depan seperti ini lagi ya kaak! Mantul!
Kurang informasi
Terima kasih banyak atas semuanya…
Barakallhu fiikum
Pelaksanaannya kurang memuaskan lalu apa gunanya membawa laptop sendiri??
Insya’nya tdk ada
Penyelenggaraan seleksi TIMTEG tahun 2019 2020 di uin banda aceh sangat baik dan memuaskan
Alhamdulilah ujian kemenag tahun ini yg saya ikutin,lancar..fasilitas semua ada jadi mempermudah calon seleksi saat proses ujian berlangsung,terima kasih
Sangat memuaskan
Alhamdulillah khoir
Harap di mudahkan soal grammar nya
Sudah baik, dan Alhamdulillah tahun ini lokasi ujiannya bisa semakin merata di seluruh Indonesia, namun perlu sedikit lagi perbaikan
Dalam menyampaikan informasi, sebaiknya disampaikan jauh-jauh hari
Karna sebelumny, informasi terakhir disampaikan sehari dua hari sebelum ujian
Terima kasi atas penyelenggaraannya
Smoga slalu bisa menjadi lebih baik. 🙂
Cuman sedikit catatan dari peserta ujian untuk panitia pelaksana. panitia tdk meyediakan kabel api yg cukup untuk mengisi daya laptop sehinggang proses ujian terganggu
Sekedar saran…ada baiknya bagi setiap universitas menyiapkan penginapan buat para peserta yg jauh2 khususnya. Agar punya tempat merebahkan badan untuk beristirahat
Apakah ini membantu untuk k al azhar lewt jalur beasiswa??
Ya !!! Semoga tahun depan bisa lebih baik saja
Untuk pengawasnya tolong lebih sigap lagi, jazakallah atas semua pihak yg terkait👍
Maasyaallah, sesuatu yang baru, namun kita harus bisa mengambil pelajaran darinya, alhamdulillah ‘ala kulli haal 😊
Semoga bisa lebih baik dalam pelayanan berupa sinyal, dll
Sarannya tes keduanya pelaksanaannya jgn dijakarta bgusnya dilaksanakan di lokasi tes pertama krna harus tiket pesawat lagi itupun klo lulus alhamdulillah tpi klo tdk lulus di tes kedua yahh.. pulng gk bawa apa apa .. mmng sebagai penuntut ilmu itu wajib mengorbankan uang demi menuntut ilmu tpi kita sebagai anak lebih wajib meringankan beban org tua krna tdk semua yg mengikuti tes itu perekonomian kluarganya itu baik klo bisa dipermudah kenapa harus dipersulit?
memuaskan
Semoga kedepannya KEMENAG dapat lebih baik lagi dalam mengelola beasiswa ini..
masalah sambungan jaringan dari komputer nya.
Audionya tolong
Mohon agar jangan terlalu membebani pada saat tes. Misal: harus ke jakarta di tes tahap ll. Padahal itu belum tentu lewat.
Akan membuat peminat mesir menjadi semakin berkurang.
Memang tahun ini lebih di seleksi, tapi apa tidak ada cara lain? (TOLONG PIKIRKAN!!)
Mohon agar jangan terlalu membebani pada saat tes. Misal: harus ke jakarta di tes tahap ll. Padahal itu belum tentu lewat.
Akan membuat peminat mesir menjadi semakin berkurang
Kurang nya di Masalah Jaringan Wifi nya
Agar Panitia Lebih Jelas Lagi Dalam Membuat System ujian
Sangat menyedihkan kayaknya
Melaksanakannya secara konsisten, menghargai waktu.
Dan pengawas membantu para peserta yg belum memenuhi syarat yg di tentukan.
Sangat baik
alhamdulillah baik
Memuaskan,
jangan merubah info ketika ujian dilaksanakan
Alhamdulillah semua berjalan dengan lancar
Lebih konsisten lagi dengan WAKTU
Sangat baik dan harus diapresiasi tinggi. Sarannya agar informasi-informasi yang disampaikan lebih jelas lagi agar tidak banyak menimbulkan pertanyaan bagi peserta ujian
Kurang dalam penyediaan jaringan dan kurang ya dalam teknisi.
Sudah baik
Soalnya agar ditambah sedikit lagi
Terimakasih… Bagus… Memuaskan saya berharap untuk tahap 2 juga dilakukan secara online… Begitu juga muhatdasahnya juga dilakukan secara online untuk menghindari kecurangan kecurangan
WiFi nya kurang kuenceng
Kemarin cukup memuaskan, tapi tahun depan di harapkan komputer di fasilitasi, karena di laptop terkadang bermasalah, dari mulai lemot karena ram terbatas, dan crhome nya yang kadang tidak suport seperti yang saya alamin, ketika log in setelah mengisi data diri, saya tidak bisa mendaftar, ketika klik mendaftar laman kembali lagi, akhirnya di undur hingga dua sesi, semula sesi 2 menjadi sesi 4 di pindahan kelas memakai komputer cadangan milik uin,, dan juga koneksi wifi penuh, tidak ada koneksi internet sama sekali sehingga menakai data sendiri,,, kedepannya di harapkan lebih di tingkatkan lagi dalam fasilitas untuk ujian, syukron wa jazakumullah khoiron katsiron 🙏 semoga Allah membalas kebaikan bapak ibu semua yg ikut andil dalam sleksi ini 🙏
Mungkin seleksi tahap kedua nya bisa di uin terdekat aja,
Karena banyak dari peserta yang tinggalnya jauh dari ibukota.
Sebaiknya dari pihak UIN sendiri mempersiapkan dengan persiapan yg matang karena masih banyak teman² yg mempunyai trouble dlm ruang ujian
السلام عليكم و وحمة لله و براكاته…
Alhamdulillah Ujian tahun ini lancar,Semoga Allah meridhai dan merahmati serta memberi kan pahalanya kepada panitia yang senantiasa mengurus para santri/santriwati dengan sungguh sungguh hingga ke timur tengah 🙏amin
براك لله فيكم و جزاكم لله خيرا😊
والسلام عليكم و رحمة لله و براكاته…..
Bagus
Lebih niat lagi dalam mengeurus peserta yg tes
Mulai dari info yg akurat melalui website resmi, soal-soal yg pasti, juga persiapan saat hari H yg sudah benar-benar siap
Kalau ada panitia ngapain soalnya ngambil dari contoh web lain, kenapa ga bikin? *Nanya aja
Saran saya agar informasi mengenai tes dan materi yang diujikan lebih detail dan valid dari surat resmi terutama tentang tes tahap ke 2.
Dan bagi tes tahap ke 2 sebaik nya dilaksanakan di provinsi masing-masing peserta, agar semua peserta yang memiliki kemampuan dan pantas untuk berangkat ke mesir bisa berangkat tanpa ada kendala pada ekonomi terutama peserta yg jauh dari jakarta, banyak peserta yang pandai tapi karena krisis ekonomi jadi tidak bisa berangkat. Karna seleksi ke mesir adalah seleksi kemampuan bukan seleksi ekonomi peserta.
Banyak peserta yang mengalami Krisis ekonomi tidak bisa berangkat ke jakarta dan mengikuti seleksi padahal mereka pantas dan mampu bahkan sudah mempersiapkan diri ke timteng selama satu tahun. Mohon agar kemenag sangat mempertimbangkan hal tersebut.
Agar semua orang berhak mengikuti tes tanpa ada kendala pada ekonomi atau biaya transportasi. Dari hal yang demikian lah bisa dikatakan terciptanya keadilan disebabkan peserta dapat mengikuti tes tanpa hambatan biaya transportasi dan menunjukkan kemampuan dalam seleksi timteng.
Mohon kemenag untuk memikirkan juga para peserta yang krisis ekonomi dengan biaya yang sangat besar jarak yang begitu jauh dan tidak adanya jaminan lulus. Sekian dan terimakasih, mohon maaf jika ada kata yang salah.
Sudah cukup baik, jaringan juga lancar, soal juga tidak ada yang eror
Meskipun mendadak ujiannya berbasis e test, tp alhamdulillah soal2 yg keluar kemarin lumayan utk dikerjakan
Cukup dg Alhamdulillah saja…
Sudah baikkk wifi juga lancar👍
Sudah lumayan bagus, cuma ada yg harus diperbaiki lagi, seharusnya kode ujian ditempel, sehingga tdk memakan banyak waktu, sehingga waktu ujian menjadi mundur,, mohon maaf jika ada salah kata, syukron
Lain kali maaf ya tolong adakan koneksi Internet kusus
Teriakasih untuk penyelenggara ujian dan kpada para panitia yang ikut andil didalamnya
Tidak ada
lebih diperjelas tentang sistem ujian
Pengatur server di lokasi ujian kurang banyak
Perlunya informasi yg lebih detail lagi dan tata cara pendaftaran,ujian, sampai selesai di permudah caranya agar peserta tidak kebingungan.
Bimbel nya tidak sesuai dengan tes yang di selenggarakan
masukan untuk tahun depan jadwal ujian jgn ngaret, satu sesi aja ngaret, sesi lain ikutan telat jadinya, makasii
Semoga allah memberi kan kita nilai yang terbaik
saya sangat mengapresiasi kepada seluruh panitia penyelenggara dan semua pihak terkait yg telah berusaha mensukseskan ujian tes timteng pada tahun ini. Saran saya, tingkatkan lagi teknis dan sistem tes yg akan digunakan dan dijelaskan secara mendetail.untuk tahun ini karena memang pertama kali bisa disebut ini percobaan, jadi ya wajar aja sih banyak kesalahan teknis. Oya, kalo bisa sih taun depan jangan bawa leptop masing2 lg. Menyulitkan peserta apalagi disuruh konek wifi, gk semua leptop punya kemampuan nerima wifi yg baik pak. Wifinya gk stabil pula, jadi weh pake kuota pribadi. Toh akhirnya jg ada yg pake komputer lab. Terus yg uplod foto & ktp, kalo bisa diawal pendaftaran aja. Ribet di uplodnya, kasian yg gk ngerti. Terus.. Persyaratan juga di jelasin lg. Terus.. Yg sudan kan udah ada pengumuman hasil tahap satu, masa ada 7 orang yg dapet dobel, jd sebenarnya yg lolos itu 92 orang bukan 99. Terus.. Udah sih, paling nanti taun depan kasih tau jenis soalnya kaya gimana, biar gk salah bimbel. Udah itu aja, Jazkumullah khairan kastiran.
Alhamdulillah apresiasi yg cukup besar untuk penyelenggaraan ujian alhamdulillah ujian berjalan dengan lancar
Ana berharap ujian tahap pertama dan kedua dilakukan di daerah masing masing dan juga dalam waktu yang berbarengan. Karna jika di lakukan di Jakarta sangat menyulitkan, apalagi biaya tiket yang mahal dan belum tentu pula lulus di tahap kedua. Semoga bisa dikabulkan permintaan kami agar tahap kedua di lakukan di daerah masing masing.
Alhamdulillah dengan ujian tes Timur-Tengah yg berbasis online membantu agar lebih mudah dalam mengisi jawaban, tetapi saran saya untuk panitia pelaksana ujian tes Timur-Tengah agar memberikan informasi yg betul² resmi dan yg tdk akan berubah-ubah persyaratan/peraturan mengenai tesnya secara mendadak agar tdk membuat bingung peserta tesnya .
Syukron
Ujian. Kali ini benar benar menguji kemampuan bahasa bagi setiap calon mahasiswa terutama pada mufrodat
baguss
Kalo bisa..
Tolong dipersiepkan dngn baik sblom psreta mulai melaksanakan ujian
Spy tidak kayak kemarin banyak yg ngluh krna tidak bisa masuk ke link ujian krna lemot
Alhamdulillah
Cukup baik
Alhamdulillah,semoga ke depan lebih baik lagi,dan semoga alllah senantiasa memberi Ridha dan rahmat nya kepada panitia yang ikhlas mengurus santri/santriwati yang ingin ke timur tengah..aaminn🙏 براك لله فيكم و جزاكم لله خيرا
Semoga kedepannya ngga ngaret lagi waktunya 🙂
Terima kasih
Penyelenggaraan ujian cukup memuaskan
Seiring berkembangnya ilmu teknologi dan pesatnya ilmu pngetahuan test online ini cocok untuk pelajar millenial,tapi sangat disayangkan tidaka adanya himbaun dari jauh jauh hari, hal ini membuat banyak peserta tampak bingung dan kurang maksimal.
Minim informasi lanjutan