Daftar Barang yang Mesti Dibawa untuk Kuliah ke Al-Azhar Mesir

Sudah siap untuk berangkat kuliah ke Al-Azhar Mesir, namun takut ada barang penting yang ketinggalan? Jangan khawatir! Ruwaq telah merangkum beberapa informasi penting yang bisa dijadikan pedoman untuk pemberangkatan ke Kairo, Mesir.

Pada umumnya barang yang dibawa dalam perjalanan, dibagi menjadi menjadi dua bagian, yaitu:

  • Barang yang dibawa di bagasi (berupa koper) dengan berat 30 Kg.
  • Barang yang dibawa ke kabin (berupa tas ransel atau tas tenteng) dengan berat 7 Kg

Rincian berat yang diizinkan biasanya bisa berubah tergantung kepada kebijakan masing-masing maskapai. Bahkan ada maskapai yang memberikan jumlah bagasi dengan jumlah yang lebih besar hingga mencapai 2 x23 Kg (46 Kg). Untuk hal ini, silakan ditanyakan kepada mediator yang menjadi penanggungjawab pemberangkatanmu.

الدعاية والإعلان

  • Ikutilah! Lomba Terjemah Berhadiah. Gratis!

  • Belajar Bahasa Arab dari Nol dengan Al Madkhal; Ringkas dan Mudah

Barang yang dimasukkan ke bagasi adalah barang-barang yang tidak dibutuhkan selama melakukan perjalanan seperti pakaian, handuk, makanan yang akan dibuka di Kairo. Barang-barang yang berbentuk cair, juga diletakkan di sini dan disarankan untuk dibungkus dengan plastik dan diberi lakban agar tidak merusak benda-benda lain yang ada di koper. Hindari meletakkan barang-barang elektronik, dokumen penting atau benda berharga lainnya sebagai antisipasti jika agar tidak terjadi kerusakan atau kehilangan.

Barang yang dibawa ke kabin, adalah dokumen-dokumen penting perjalanan (paspor dan tiket), Hp, charger, earphone, makanan ringan berupa roti untuk menahan lapar serta air mineral. Hindari menggunakan sepatu pantofel atau sandal selama perjalanan untuk memberikan rasa nyaman.

Agar perjalanan semakin mudah, sebaiknya jangan bawa barang ke kabin terlalu banyak. Semakin sedikit barang yang dibawa ke kabin, maka perjalanan yang dirasakan akan semakin ringan. Pasalnya, ketika transit dan pindah pesawat, semua barang yang di kabin (bukan bagasi) harus dibawa turun dari pesawat untuk berpindah ke pesawat yang lainnya. Biasanya, perjalanan untuk pindah pesawat ini cukup jauh dan melelahkan.

Barang-barang yang perlu dibawa

  1. Paspor dan Tiket Pesawat
  2. Uang tunai berupa dolar dengan jumlah tidak kurang dari 100 USD. Sisanya disimpan di rekening bank untuk bisa diambil di Mesir
  3. Kartu ATM berlogo Visa atau Master Card dari bank apapun
  4. Fotokopi dokumen-dokumen penting
  5. Stok foto 4×6 dengan jumlah cukup banyak untuk keperluan administrasi di Mesir
  6. Beberapa pakaian seperti baju, celana, jaket serta kerudung dan gamis untuk putri
  7. Siapkan pakaian musim dingin karena mahasiswa baru biasanya datang di akhir tahun yang merupakan musim dingin. Pakaian ini terdiri dari:
    • Jaket tebal
    • Kaus kaki tebal
    • Kupluk
    • Syal
  8. Perlengkapan shalat
  9. Perlengkapan mandi diletakkan di koper karena benda-benda cair selain minuman tidak diizinkan dibawa ke atas kabin pesawat
  10. Obat-obatan untuk sakit ringan
  11. Jika ada, laptop bisa dibawa. Meski tidak dibutuhkan untuk perkuliahan, namun dibutuhkan untuk mengetik dan membuat makalah kajian. Jika di rasa berat, laptop bisa di beli di Kairo apabila dibutuhkan
  12. Handphone dan charger
  13. Jika masih ada ruang kosong di dalam koper, silakan bawa kamus Al Munawwir. Namun jika sudah tidak ada, silakan gunakan versi PDF yang bisa diunduh di sini
  14. Mie instant beberapa buah
  15. Makanan (lauk) dari rumah juga bisa dibawa dan diikat dengan rapat serta dibalut dengan lakban untuk selanjutnya dimasukkan ke koper.
  16. Sendal jepit

Beberapa barang yang tidak perlu dibawa:

  1. Bahan-bahan makanan seperti beras, cabe dan lainnya
  2. Uang dalam bentuk rupiah
  3. Buah-buahan
  4. Perlengkapan tidur seperti bantal, selimur atau kasur

Jangan lupa timbang koper sebelum berangkat. Kelebihan bagasi, biasanya akan dikenakan denda yang cukup mahal. Patuhi arahan-arahan yang diberikan oleh pembimbing di dalam perjalanan, jangan berpisah dari kelompok dan selalu  berkoordinasi jika ingin pergi ke kamar mandi atau yang lainnya kepada pembimbing perjalanan.

Jika ada yang menitipkan barang dari Mesir, jangan lupa periksa kembali semua barang-barang tersebut. Apapun yang terjadi, semua barang-barang yang dibawa akan menjadi tanggung jawabmu.

Jika ingin bertanya informasi di atas atau ingin melengkapinya, silakan hubungi kami melalui icon WA di pojok kanan bawah. Jika kamu rasa info ini bermanfaat, silakan bagikan kepada teman-temanmu dengan menekan salah satu tombol di bawah!

! استمتع برحلة جوية آمنة