Berikan Bimbingan Seleksi Timur Tengah, RIC Sukses Adakan Pembekalan dan Try Out

RUWAQ.ID-Ciputat- Ahad (14/04) Ruwaq Indonesia Center (RIC) adakan kegiatan Pembekalan dan Try Out Seleksi Timur Tengah di Aula Meunasah Fatahillah, Ciputat, Tangerang Selatan. Kegiatan yang dikhususkan untuk 30 orang peserta itu mengundang para ahli yang sudah lama menggeluti proses persiapan hingga proses pendaftaran ke kampus di Timur Tengah.

Hadir dalam acara tesebut Sayyid Zuhdi AG, LC., SS., Dipl., M.Hum., yang merupakan Panitia Pendaftaran dan Pemberkasan Camaba Mesir. Sayyid mengatakan bahwa faktor utama yang mempengaruhi kelulusan peserta seleksi Timur Tengah adalah kosa kata (mufradat). Kosa kata yang dikeluarkan ketika ujian banyak yang terkait dengan bahasa-bahasa kontempores. Sementara itu, ketika belajar di sekolah, para peserta ujian tidak mendapatkan asupan kosa kata ini. Ia menyarankan agar calon peserta seleksi Timur Tengah untuk sering membuka media online berbahasa Arab.

Selain itu, kegiatan tersebut juga diisi oleh Syekh Dr. Muhammad Al-Husaini. Ia adalah dosen utusan Al-Azhar Mesir untuk Institut PTIQ Jakarta. Syekh yang berasal dari Mesir tersebut memberikan nasihat-nasihat dan mengajak para peserta untuk berbicara bahasa Arab.

Acara pembekalan tersebut juga diisi oleh Pembimbing Ruwaq Indonesia Center (RIC) Dr. Bil Bachtiar. Pejabat Kementrian Agama ini  menjelaskan bahwa kuliah ke Al-Azhar membutuhkan kerja keras, termasuk masalah dana. Meski ada biaya untuk program Daurah Lughah, terutama di Indonesia, para peserta yang lulus ujian bisa mencari sponsor untuk mendapatkan bantuan dana. Bantuan ini bisa diajukan ke Badan Amil Zakat atau lembaga-lembaga lainnya.

Acara tersebut ditutup dengan kegiatan Ujian Try Out Seleksi Timur Tengah. Untuk melihat hasil ujian tersebut, bisa dilihat DI SINI.