Apa Itu TOAFL Standar A2

Pengertian TOAFL

Test of Arabic Foreign Language atau TOAFL adalah ujian bahasa Arab yang diadakan untuk melihat kemampuan berbahasa seseorang yang tidak menggunakan bahasa Arab sebagai bahasa ibu. Tes ini biasanya diadakan oleh Pusat Bahasa (PB) sebagai syarat mendaftar di Perguruan Tinggi Islam Negeri. Dari sisi penyebutan, kata TOAFL menjadi masyhur karena mirip dengan TOEFL yang digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris seseorang. Untuk mengikuti ujian ini, peserta biasanya akan diminta untuk daftar di akun Pusat Bahasa (PB) Universitas Islam Negeri yang ada di Indonesia.

الدعاية والإعلان

  • Ikutilah! Lomba Terjemah Berhadiah. Gratis!

  • Belajar Bahasa Arab dari Nol dengan Al Madkhal; Ringkas dan Mudah

Sejarah TOAFL

Tes ini pertama kali digunakan pada 1999/2000 untuk program masuk S2 dan S3 IAIN (kini UIN) Jakarta.  Pada tahun 2007, TOAFL dikembangkan penggunaannya untuk kebutuhan nasional oleh Kementerian Agama di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Aspek Ujian TOAFL A2

Sebagaimana yang dilansir oleh situs TOAFL, tes kemampuan yang diujikan di level A2  merupakan tes kemampuan bahasa Arab untuk program master yang meliputi:

  1. Memahami ungkapan-ungkapan umum, dialog dan komunikasi sehari-hari yang terkait dengan informasi pribadi dan keluarga, pekerjaan dan seputar lingkungan sekitar.
  2. Cara mengekspresikan dan mengungkapkan informasi-informasi tentang latar belakang pendidikan, keluarga maupun lingkungan sekitarnya.

Struktur tes TOAFL A2

Jumlah tugasWaktu
Mendengarkan315 Menit
Bacaan515 Menit
Penulisan215 Menit
Total1045 Menit

Sebagai lembaga kursus Bahasa Arab dan Studi Islam, Ruwaq Indonesia Center (RIC) memberikan bimbingan online TOAFL Bahasa Arab terbaru kepada siapa saja yang berminat secara gratis, terkhusus kepada calon mahasiswa baru yang ingin melanjutkan studi ke Al-Azhar Mesir, Sudan dan Maroko. Untuk program ini, RIC mempersiapkan sistem ujian online yang yang bisa dikerjakan oleh siapa saja dengan mudah. Selain itu, RIC juga akan mempersiapkan versi pdf gratis yang bisa didownload. Saat ini, grup WhatsApp yang dibuat RIC untuk belajar dengan gratis ini hampir mencapai 2.000 (dua ribu) pelajar dari dalam dan luar negeri.

Di samping itu, Ruwaq juga memiliki kelas tatap muka yang bertempat di Jalan Hijau Lestari XI No. 21 P, Legoso, Ciputat, dekat dengan UIN Jakarta. Program ini bisa diikuti oleh  seluruh pelajar atau mahasiswa dari Jabodetabek dan sekitarnya. Untuk yang berdomisili di luar Jabodetabek seperti Lampung, Jogjakarta, Surabaya ataupun kota lainnya bisa memilih program asrama/tempat tinggal yang telah disediakan. Program bersertifikat ini juga bisa dimanfaatkan untuk masuk perguruan tinggi negeri Islam seperti UIN Jakarta, UIN Surabaya ataupun yang lainnya.

Untuk info lebih lebih lanjut tentang  program-program RIC, silakan hubungi kami di icon WhatsApp yang ada di pojok kanan bawah.