Alasan Mempelajari Bahasa Arab

Bahasa Arab adalah bahasa yang paling sempurna. Kenapa demikian?

Seorang Bapak atau Ibu, jika ingin membelikan pakaian kepada anaknya maka pasti yang akan dicari adalah pakaian yang paling baik sesuai dengan kemampuan orang tua tersebut. Hal ini terjadi karena rasa sayang orang tua kepada anaknya. Meski memiliki keterbatasan sebagai manusia, secara alamiah pasti mereka akan memberikan yang terbaik untuk anaknya.

Itu baru orang tua. Bagaimana dengan Allah yang tidak memiliki batasan kemampuan? Apakah Allah tidak akan memberikan petunjuk terbaik bagi manusia? Tidakkah Allah sayang kepada semua manusia?

Allah sebagai Zat yang maha perkasa pasti memberikan umat manusia petunjuk terbaik sebagai rasa sayang Allah kepada manusia. Di dalam Al-Quran disebutkan bahwa Allah memuliakan seluruh anak cucu nabi Adam (Al-Isra ayat 70) terlepas dari apapun agama mereka. Manusia diciptakan Allah dengan bentuk paling sempurna dari makhluk yang lainnya. Manusia juga diberikan rezeki oleh Allah; baik yang shalih ataupun durhaka. Bukankah ini semua menunjukkan rasa sayang Allah kepada manusia.

Dengan seluruh sifat kesempurnaan Allah, pastinya ketia Dia ingin memberikan pedoman hidup untuk manusia pasti akan diberikan dengan bentuk yang paling sempurna, yaitu Al-Quran. Seberapa sempurnakah Al-Quran?

Semua umat Islam meyakini dengan sepenuh hati bahwa Al-Quran adalah kitab yang paling sempurna. Lebih jauh dari itu, segala sesuatu yang terkait dengan AL-Quran pun menjadi paling baik.

AL-Quran diturunkan pada bulan Ramadan, maka bulan tersebut menjadi bulan yang paling mulia. Al-Quran diturunkan pada malam Lailatul Qadr, maka malam tersebut juga menjadi malam yang paling mulia. Al-Quran diturunkan melalui malaikat Jibril, maka ia menjadi malaikat yang paling mulia. Al-Quran turun kepada Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa salllam, maka beliau juga menjadi manusia paling mulia. Lihatlah segala kemuliaan yang terikat dengan AL-Quran. Apakah kemuliaan itu cukup sampai di sana? Ternyata belum.

Al-Quran ditulis di atas lembaran kerta biasa, maka lembaran kertas tersebut juga menjadi lembaran kertas yang mulia. Bandingkanlah dengna kertas yang biasa dijadikan bungkus gorengan atas sekedar alas duduk. Jadi karena menjadi tempat ditulisnya AL-Quran, maka kertas tersbeut juga menjadi kertas yang paling mulia.

Al-Quran turun dengan bahasa Arab dan bahasa Arab juga juga menjadi bahasa yang paling mulia. Alasannya karena Allah menitipkan firman-Nya yang akan disampaikan kepada manusia dengan bahasa ini. Kalau misalkan Allah menganggap ada bahasa lain yang lebih baik dari bahasa Arab yang dijadikan perantara firman-Nya dengan manusia, pasti Allah akan menggunakan bahasa tersebut. Namun, faktanya Al-Quran yang dipegang oleh umat Islam sekarang semuanya berbahasa Arab.

Di sebuah hadis, Rasul juga menyebutkan bahwa sebaik-baik manusia adalah orang yang mempelajari Al-Quran dan mengajarkannya. Hadis ini juga menjadi dalil yang menunjukkan bahwa bahasa Arab adalah bahasa paling baik, karena mempelajari Al-Quran pasti mempelajari bahasa Arab. Jika orang yang mempelajari Al-Quran adalah orang paling baik, dan AL-Quran pasti berbahasa Arab, maka orang yang mempelajari bahasa Al-Quran juga akan menjadi orang yang paling baik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.